Berang-Berang Ini Memangsa Hiu, Petugas Kebingungan

Anjasman Situmorang, Jurnalis · Jum'at 23 Oktober 2020 20:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 23 16 2298499 berang-berang-ini-memangsa-hiu-petugas-kebingungan-feCIJmnNwA.jpg Berang-berang. (Foto: Daniel Olaleye/Unsplash)

PENDUDUK kota pesisir di wilayah Afrika Selatan dikejutkan adanya berang-berang yang memangsa ikan hiu. Ia diketahui memakan hati, jantung, serta organ reproduksi hiu jantan tersebut.

Sebelumnya para penjaga hutan dibuat kebingungan karena beberapa bulan terakhir semakin banyak bangkai hiu yang kehilangan organ vitalnya. Bagian tubuh itu berserakan di Pantai Simon's Town, False Bay, Afrika Selatan, yang terkenal dengan populasi hiu putih besar dan terkadang muncul ke permukaan untuk mencari makan.

Baca juga: Hiu Putih Bermata Satu Ditemukan di Perairan Maluku 

Imbas kejadian ini para pemburu sempat menjadi sasaran dugaan yang telah membunuh hiu tersebut. Namun faktanya petugas melihat berang-berang sebagai pelakunya, karena hewan ini menyelipkan hiu-hiu di pantai. Demikian dilaporkan IFL Science, Jumat (23/10/2020).

Jantung, hati, dan organ reproduksi jantan menjadi bagian dari hiu yang paling bergizi. Itulah mengapa berang-berang sangat menyukai ketika organ ini.

Baca juga: Ditemukan Lokasi Pembibitan Hiu Megalodon Berusia 24 Juta Tahun 

Hewan karnivora seperti berang-berang memang lebih selektif dalam memilih daging yang dikonsumsi. Dalam hal ini tentu berang-berang tidak melewatkan kesempatan untuk mengongsumsi daging hiu yang bernutrisi.

Pendekatan makan selektif ini juga telah diamati pada paus pembunuh yang mampu menangkap ikan hiu putih besar di daerah False Bay. Ada beberapa predator yang juga ditemukan di pantai.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini