Update WhatsApp Akan Beri Fitur Belanja Langsung dari Obrolan

Anjasman Situmorang, Jurnalis · Jum'at 23 Oktober 2020 20:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 23 16 2298631 update-whatsapp-akan-beri-fitur-belanja-langsung-dari-obrolan-ahDAXLp4Er.png Fitur belanja langsung di WhatsApp. (Foto: WhatsApp/Engadget)

PENGGUNA WhatsApp nantinya bisa berbelanja langsung dari obrolan atau chat. Hal ini sebagaimana pembaruan (update) yang akan diberikan Facebook selaku pemilik WhatsApp. Mereka menyatakan bakal memperluas fitur belanja dalam aplikasi perpesanannya agar pengguna dapat membeli produk langsung dari obrolan.

Pengguna hanya mengirim pesan ke layanan bisnis, lalu akan dibalas dengan link ke katalog produk. Pembeli kemudian dapat menambahkan item ke keranjang dan melakukan pembayaran dari aplikasi. Demikian dilaporkan Engadet, Jumat (23/10/2020).

Baca juga: Aktifkan Verifikasi Dua Langkah agar WhatsApp Lebih Aman, Ini Caranya 

Whatsapp memilki fitur katalog pada masa lalu, tetapi itu lebih terbatas daripada apa yang sekarang dilihat oleh Facebook. Jejaring sosial telah membuat dorongan besar untuk memperluas fitur belanja di seluruh aplikasinya.

Fitur belanja langsung di obrolan WhatsApp. (Foto: WhatsApp/Engadget)

Baru-baru ini ada Facebook Shops memungkinkan bisnis dan membuat katalog produk pada Facebook dan Instagram. Jadi hal yang wajar apabila mereka juga ingin mengintegrasikan fitur serupa ke WhatsApp.

Baca juga: Cara Aktifkan Fitur Izin Sebelum Dimasukkan ke Grup WhatsApp 

Diduga transaksi dalam fitur tersebut akan menggunakan Facebook Pay yang diuji coba di Brasil awal tahun ini. Namun, pihak perusahaan terpaksa menghentikan program itu setelah dipermasalahkan oleh bank sentral setempat.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini