Astronaut NASA Berikan Hak Suara Pilpres Amerika dari Luar Angkasa

Hantoro, Jurnalis · Senin 26 Oktober 2020 08:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 26 16 2299452 astronaut-nasa-berikan-hak-suara-pilpres-amerika-dari-luar-angkasa-PM6mV5fvwd.jpg Astronaut NASA Kate Rubins memberikan hak suaranya di Pilpres Amerika Serikat 2020 dari luar angkasa. (Foto: NASA/Fox News)

ASTRONAUT NASA Kate Rubins telah memberikan hak suaranya di Pemilihan Presiden Amerika Serikat 2020 dari luar angkasa. Ia memilih calon presiden dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

"Saya memilih hari ini," ungkap Rubins melalui akun Twitter Astronaut NASA pada 22 Oktober, sebagaimana dikutip dari Fox News, Senin (26/10/2020).

Baca juga: 3 Astronaut NASA Akan Ikut Pemilu dari Luar Angkasa 

Ia digambarkan sedang berada di depan area tertutup bertanda "bilik pemungutan suara ISS" di lab luar angkasa yang sedang mengorbit. NASA sendiri memiliki moto "Pilih saat Anda Mengapung" untuk para astronaut.

"Seperti bentuk lain dari pemungutan suara tanpa kehadiran, pemungutan suara dari luar angkasa dimulai dengan Aplikasi Kartu Pos Federal atau FPCA," jelas NASA di laman resminya.

"Ini adalah formulir sama yang diisi oleh anggota militer dan keluarga mereka saat bertugas di luar AS. Dengan menyelesaikannya sebelum peluncuran, anggota awak stasiun luar angkasa memberi tanda niat mereka untuk berpartisipasi dalam pemilihan dari luar angkasa."

Setelah FCPA disetujui, petugas daerah yang mengelola pemilihan di daerah asal astronaut mengirim surat suara percobaan ke tim di Pusat Antariksa Johnson NASA. Komputer uji stasiun luar angkasa kemudian digunakan untuk menguji apakah itu dapat diisi dan dikirim kembali ke petugas daerah.

Baca juga: Ini Cara 3 Astronaut NASA Ikut Pemilihan Presiden dari Luar Angkasa 

"Setelah tes berhasil, surat suara elektronik aman yang dibuat oleh Kantor Panitera Harris County dan daerah sekitarnya di Texas, dihubungkan oleh Pusat Kontrol Misi Johnson ke anggota kru pemungutan suara," terang NASA.

"Sebuah email dengan kredensial khusus anggota kru dikirim dari petugas wilayah ke astronaut. Kredensial ini memungkinkan anggota kru mengakses surat suara yang aman."

"Astronaut kemudian akan memberikan suara mereka, dan surat suara yang aman dan lengkap akan di-downlink dan dikirim kembali ke Kantor Panitera County melalui email untuk dicatat secara resmi," tambah NASA.

"Petugas memiliki kata sandi sendiri untuk memastikan hanya mereka yang dapat membuka surat suara. Ini proses yang cepat, dan astronaut harus sudah mengirimkannya sebelum jam 7 malam waktu lokal pada hari pemilihan jika memberikan suara sebagai penduduk Texas."

Pada 2016, astronaut NASA Shane Kimbrough, ketika itu satu-satunya orang Amerika di luar Planet Bumi, memberikan suara dalam pemilihan presiden dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Baca juga: Ini Cara Kerja Toilet Canggih NASA untuk Stasiun Luar Angkasa Internasional 

NASA menjelaskan bahwa sistem ini pertama kali digunakan pada 1997 untuk mantan astronot David Wolf ketika menerbangkan misi jangka panjang di Stasiun Luar Angkasa Rusia Mir. Dikarenakan misi Wolf berlangsung pada hari pemilihan, prosesnya disiapkan untuk memungkinkannya memberikan suara dari luar angkasa.

Astronaut Kate Rubins juga memilih dari luar angkasa pada empat tahun lalu selama 115 hari bertugas di Stasiun Luar Angkasa Internasional. Dia memilih sebelum kembali ke Bumi pada 30 Oktober 2016.

Baca juga: NASA Siapkan Pengumuman Baru Terkait Bulan 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini