Terungkap Paten Laptop Masa Depan Gunakan Trackpad Virtual

Hantoro, Jurnalis · Senin 26 Oktober 2020 14:21 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 26 16 2299659 terungkap-paten-laptop-masa-depan-gunakan-trackpad-virtual-jX4VLYXkSj.jpg Laptop masa depan akan gunakan trackpad virtual. (Foto: Ubergizmo)

HAMPIR semua laptop dilengkapi trackpad. Sebab tanpa trackpad, pengguna akan kesulitan menggerakkan kursor di layar. Mereka bisa saja membawa mouse sendiri, tapi dinilai tidak praktis bagi sebagian orang.

Konsep trackpad sendiri telah ada selama beberapa dekade terakhir. Tetapi diprediksi akan berubah seiring perkembangan teknologi. Inilah tampaknya yang hendak dilakukan Apple dengan MacBook-nya. Mereka ingin mengubah performa dari trackpad-nya.

Baca juga: Rawat Keyboard Laptop, Ikuti 4 Cara Mudah Ini 

Dikutip dari Ubergizmo, Senin (26/10/2020), hal ini diketahui dari pengajuan paten oleh Apple yang ditemukan Apple World Today. Mereka tampaknya akan memberikan MacBook sebuah trackpad virtual yang dapat diterangi dan diubah ukurannya sesuai kebutuhan atau penggunaan.

"Perangkat elektronik juga dapat menyertakan sekelompok elemen pemancar cahaya yang ditempatkan di bawah optic diffuser. Satu atau beberapa lapisan kendali cahaya atau kelompok elemen pemancar cahaya dapat dikonfigurasi untuk menerangi wilayah masukan dinamis untuk menampilkan batas yang terlihat dari area masukan aktif. Setidaknya salah satu ukuran atau posisi dari batas yang terlihat dapat berubah secara dinamis," isi paten tersebut.

Baca juga: Tips Mudah Bersihkan Debu dan Sidik Jari dari Laptop Layar Sentuh 

Ini dinilai sebagai ide yang menarik, meskipun belum diyakini bagaimana cara kerjanya. Diduga ini lebih mendekati pembaruan dari sisi estetika, sebab ukurannya terlihat lebih ramping.

Bagaimanapun, ini baru pengajuan paten, tidak ada yang tahu apakah benar-benar diwujudkan pada masa depan.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini