Cara Mudah Membuat Google Classroom di Komputer dan Ponsel

Anjasman Situmorang, Jurnalis · Senin 26 Oktober 2020 14:48 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 26 16 2299682 cara-mudah-membuat-google-classroom-di-komputer-dan-ponsel-9D58MBE2zr.jpg (Foto: Google Classroom)

MASA pandemi virus corona (covid-19) membuat aktivitas manusia menjadi terbatas, termasuk sektor pendidikan. Proses belajar-mengajar mesti dilakukan dengan metode jarak jauh. Salah satu platform yang cukup sering digunakan untuk kegiatan ini adalah Google Classroom. Aplikasi tersebut dapat membantu setiap siswa dan tenaga pendidik saling terhubung.

Google Classroom memungkinkan pengguna mengubah dan menjadwalkan berbagai tugas yang muncul di kalender digital siswa. Selain itu juga dapat menilai tugas menggunakan rubrik terintegrasi dan laporan keaslian untuk menghindari plagiarisme. Pendidik juga dapat berkomunikasi dengan wali siswa, memperbarui kelas baru secara digital, atau bertemu dengan siswas secara langsung dengan Google Meet.

Baca juga: Mudahkan Belajar Online, Ini Cara Akses Google Classroom 

Sebelum dapat menggunakan fitur ini, tentu hal yang paling utama adalah membuat kelas. Pengguna dapat membuat kelas melalui desktop atau perangkat seluler dengan akun G Suite.

Agar seseorang dapat mengakses kelas, mereka harus mendapat kode kelas. Namun, hal ini sedikit berbeda pada versi desktop dan iPhone. Beberapa pengguna mungkin hanya diizinkan bergabung dengan kelas. Sementara yang lain masuk melalui akun Google Workspace organisasi. Mereka perlu menghubungi administrator untuk dapat membuat kursus.

Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk membuat Google Classroom di perangkat komputer dan telepon seluler. Berikut langkahnya, sebagaimana dilansir dari Business Insider, Senin (26/10/2020).

Baca juga: Google Classroom Mudahkan Guru Berkomunikasi dengan Siswa, Intip Fiturnya 

Cara membuat Google Classroom di perangkat komputer:

1. Buka web browser dan akses classroom.google.com

2. Klik tanda "+" di kanan atas

3. Kemudian pilih "Create Class"

4. Setelah itu akan muncul tampilan untuk mengisi nama kelas, "Section", "Subject", dan "Room". Isi setiap kolom sesuai keinginan Anda.

5. Klik "Create" di kanan bawah jendela pop-up.

6. Untuk berbagi akses ke kelas menggunakan kode, cari di kiri atas "Class Stream".

Cara membuat Google Classroom di perangkat iPhone dan Android:

1. Buka aplikasi Google Classroom.

2. Ketuk tanda "+" di kanan bawah layar utama aplikasi.

3. Pilih "Create Class".

4. Beri nama kelas pada jendela yang muncul, kemudian isi juga "Section", "Subject", dan "Room".

5. Ketuk "Create" di kanan atas jendela pop-up.

6. Untuk menemukan kode kelas, ketuk ikon Setting.

7. Pada jendela yang muncul, pilih "Class Code" yang berada di bawah judul "General".

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini