Ini Arti Angka-Angka yang Tertempel di Buah Supermarket

Anjasman Situmorang, Jurnalis · Senin 26 Oktober 2020 21:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 26 16 2299826 ini-arti-angka-angka-yang-tertempel-di-buah-supermarket-gd8rg8ViIn.jpg Ilustrasi angka-angka di buah. (Foto: Mental Floss)

JIKA membeli buah-buahan di supermarket, Anda pasti pernah melihat label atau stiker angka yang menempel di kulit buah. Angka empat atau lima digit yang tertera ini bertujuan memberikan informasi kepada pembeli tentang produk tersebut.

Nomor itu disebut Price Look-Up (PLU) yang sudah ada sejak 1990. Nomor ini memiliki dua fungsi. Pertama, memungkinkan kasir ataupun pembeli mencari harga buah tersebut. Kemudian yang kedua, pembeli dapat mengidentifikasi jenis produksinya dan cara menanam buah itu.

Baca juga: Ternyata Penguin Kehilangan Indera Perasa, Ini Penyebabnya 

Dikutip dari Mental Floss, Senin (26/10/2020), nomor itu ditetapkan oleh International Federation for Produce Standards (IFPS). Setiap PLU secara teknis memilki 5 digit angka. Jika didahului angka 0 artinya buah tersebut ditanam secara konvensional. Sedangkan angka 9 menunjukkan buah ditanam secara organik.

Buah-buahan. (Foto: Tabrez Syed/Unsplash)

Angka 8 pada digit pertama memberikan informasi bahwa buah tersebut telah dimodifikasi secara genetik. Stiker ini tidak wajib ada, namun sangat berguna untuk petani dan supermarket. Tidak semua orang menggunakannya dan tidak muncul di semua makanan segar.

Baca juga: Ini Sejarah Gunting hingga Melekat dengan Kehidupan Manusia 

"Tidak mungkin stiker angka itu muncul di kacang hijau atau jamur. Namun kode PLU dapat digunakan pada papan nama atau dengan cara lain untuk komoditas ini," jelas IFPS dalam catatannya.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini