Ilmuwan Terus Buru "Lebah Pembunuh" Usai Berantas Sarangnya

Hantoro, Jurnalis · Selasa 27 Oktober 2020 10:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 27 16 2300116 ilmuwan-terus-buru-lebah-pembunuh-usai-berantas-sarangnya-wE3q2pdaPB.jpg Petugas memberantas sarang Asian Giant Hornet di sebuah pohon di Washington. (Foto: Twitter @ElaineMThompson)

PADA hari Sabtu lalu para ilmuwan dari Departemen Pertanian Negara Bagian Washington (WSDA) berhasil menyedot lusinan Lebah Raksasa Asia atau Asian Giant Hornet dari sebuah pohon di kawasan Blaine, Wash.

Ini adalah sarang pertama dari "lebah pembunuh" yang dibasmi di Amerika Serikat. Spesies serangga ini diketahui sangat agresif dan menimbulkan risiko besar bagi koloni lebah lainnya.

Baca juga: Pemburu Serangga Singkirkan Puluhan "Lebah Pembunuh" dari Sarangnya 

"Pemberantasan berjalan sangat lancar, meskipun rencana awal kami harus disesuaikan karena sarangnya berada di pohon, bukan di tanah," kata ahli entomologi pengelola WSDA Sven Spichiger, seperti dikutip dari Fox News, Selasa (27/10/2020).

"Meskipun ini tentu saja merupakan dorongan moral, ini hanyalah awal dari pekerjaan kami untuk mencegah Lebah Raksasa Asia mendapat pijakan di Pacific Northwest. Kami menduga mungkin ada lebih banyak sarang di daerah Whatcom County."

Petugas memberantas sarang Asian Giant Hornet di sebuah pohon di Washington. (Foto: Twitter @ElaineMThompson)

Sebanyak 98 lebah pekerja telah dikeluarkan dari sarangnya di sebuah lahan pribadi oleh ahli entomologi WSDA.

"Selama ekstraksi pagi hari, 85 lebah disedot keluar dari sarang, dan dikumpulkan 13 lebah hidup lainnya dikumpulkan dengan jaring saat mengamati sarang pada hari Jumat," jelas pihak WSDA.

Baca juga: Sarang Lebah Raksasa Asia yang Mematikan Ditemukan di Amerika 

Pada hari Senin, WSDA men-tweet video lebah yang tersedot keluar dari pohon. "Bahkan disedot dari tempat tidur pada hari Sabtu tidak menghentikan para wanita tangguh ini. Penghitungan pasca-pemberantasan mengungkapkan bahwa semua dari 85 #AsianGiantHornets masih hidup pada hari Sabtu nanti," ungkapnya.

Penyingkiran sarang Asian Giant Hornet. (Foto: Twitter @David_L_Boyd)

Lebah tersebut akan digunakan untuk penelitian. Kemudian petugas akan menebang pohon dan membukanya untuk melihat seberapa besar sarangnya.

Baca juga: Ditemukan 6 "Lebah Pembunuh" di Amerika, Petugas Lacak Sarangnya 

"Para ahli entomologi juga ingin memastikan apakah sarang tersebut sudah mulai menghasilkan ratu baru atau belum," jelas mereka.

WSDA akan terus memasang perangkap setidaknya hingga November dengan harapan bisa menangkap lebih banyak Lebah Raksasa Asia yang masih berada di Whatcom County.

Baca juga: Ditemukan "Lebah Pembunuh" Bisa Tumbuh hingga 5 Cm di AS 

Petugas memberantas sarang Asian Giant Hornet di sebuah pohon di Washington. (Foto: Twitter @ElaineMThompson)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini