Fakta Unik Dunia Internet, Hard Disk Pertama di Dunia Seukuran Kulkas?!

Agustina Wulandari , Jurnalis · Kamis 29 Oktober 2020 13:18 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 29 16 2301175 fakta-unik-dunia-internet-hard-disk-pertama-di-dunia-seukuran-kulkas-mXcW8UfUuR.jpg Foto : Dok.Centrin Online Prima

Kamu pasti lagi menggunakan internet saat ini, tapi apakah kamu tahu sejarah dunia internet itu seperti apa? Yuk simak selengkapnya!

1. Kata-kata “Berselancar” atau “Surfing”

Kita sering banget ngedenger istilah berselancar di internet atau surfing on the internet, tapi tahukah kamu kenapa dipakai istilah berselancar? Jadi pada tahun 1992, Jean Armour Polly menggunakan mouse pad (penunjuk mouse) orang yang sedang berselancar, dari sinilah awal mula istilah berselancar di internet ditemukan.

2. Tujuan Awal Diciptakan Internet

Penasaran gak dengan internet yang kita pakai selama ini awalnya ditujukan untuk apa? Nah ternyata, awal mula diciptakannya internet itu adalah untuk keperluan militer. Dimana Departemen Pertahanan Amerika Serikat membuat sistem jaringan komputer untuk memantau serangan nuklir dan menghindari terjadinya hal tersebut.

3. Hard Disk Pertama di Dunia

Kamu tahu bentuk hard disk yang sehari-hari kita pakai kan? Sangat ringan dan ukurannya cukup kecil untuk menyimpan kapasitas memori yang besar. Berbeda dengan hard disk pertama di dunia. Pada tahun 1956 hard disk pertama di dunia diciptakan oleh IBM dengan nama IBM 350 Disk Storage Unit dengan penyimpanan kapasitas memori 3,75MB saja, dimana ukuran hard disk ini sebesar kulkas dan memiliki berat lebih dari satu ton.

4. Melampaui Satu Juta Komputer

Perkembangan komputer mulai memuncak di tahun 1994, pada tahun ini, internet sudah mencapai dan terkoneksi dengan lebih dari satu juta komputer dan tumbuh menjadi kurang lebih 3000 alamat halaman, juga untuk pertama kalinya virtual-shopping muncul yang kemudian mengubah sistem peradaban di dunia.

5. Jaringan Koneksi Internet Stabil

Fakta menarik lainnya yaitu adanya ISP yang jaringan internetnya stabil dan pasti nyambung terus. Penasaran kan? Namanya Centrin Online Prima! Kecepatan jaringan internetnya dipastikan stabil dengan harga yang cukup bersahabat yaitu mulai dari Rp.250.000 per-bulan. Jadi tunggu apalagi, langsung aja kunjungi www.centrin.net.id untuk berlangganan!

CM

(yao)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini