Studi Baru Tidak Temukan Fosfin sebagai Tanda Kehidupan di Venus

Anjasman Situmorang, Jurnalis · Jum'at 30 Oktober 2020 08:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 30 16 2301438 studi-baru-tidak-temukan-fosfin-sebagai-tanda-kehidupan-di-venus-sevm3fDCYm.jpg Planet Venus. (Foto: NASA/JPL-Caltech)

BULAN lalu ada pengumuman besar yang menyatakan Planet Venus memiliki sumber gas fosfin misterius. Fosfin itu disebut-sebut sebagai tanda adanya kehidupan di sana. Namun, beberapa peneliti mempertanyakan temuan tersebut.

Saat ini belum ada kepastian apakah di awan Planet Venus benar-benar terdapat gas fosfin atau tidak. Sebuah studi baru terkait hal ini pun dilakukan dan diterbitkan di jurnal Astronomy and Astrophysics.

Baca juga: Asam Amino Glisin Terdeteksi di Atmosfer Planet VenusĀ 

Tim peneliti mencari tanda-tanda fosfin di atas awan Venus, namun tidak menemukannya. Tetapi hal ini bukan berarti tidak ada fosfin di atmosfer Venus. Bisa saja itu terletak di bagian lebih dalam dan tidak mengambang di atas.

Dikutip dari IFL Science, Jumat (30/10/2020), ada studi asli pengamatan dari James Clerk Maxwell Telescope di Hawaii memberikan fakta sinyal pertanda fosfin, namun mereka tidak dapat memastikannya. Data sering kali mengalami noise sehingga para peneliti menggunakan analisis statistik untuk mengonfirmasi atau menyangkal keberadaannya.

Baca juga: Potensi Kehidupan di Venus Mungkin Juga Ditemui di BulanĀ 

Tidak sampai di situ, ada juga tim independen menganalisis data yang sama dengan metode sama. Namun pendekatan yang mereka lakukan tidak menunjukkan sinyal kuat keberadaan gas fosfin di Venus.

Kemungkinan adanya gas fosfin di awan Planet Venus masih terbuka, namun para ilmuwan belum dapat memastikan hal itu. Diperlukan lebih banyak pengamatan untuk mengonfirmasi atau menyangkal keberadaan molekul aneh ini di Venus.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini