NASA Ungkap 4 Suara Menyeramkan di Alam Semesta

Hantoro, Jurnalis · Jum'at 30 Oktober 2020 13:41 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 30 16 2301573 nasa-ungkap-4-suara-menyeramkan-di-alam-semesta-z8AX0vTGhp.jpg Ilustrasi gelombang suara di alam semesta. (Foto: ESA/Hubble/NASA/R Sahai/Science Alert)

NASA baru saja merilis empat suara misterius di alam semesta. Suara-suara yang terdengar cukup seram itu berhasil mereka rekam melalui misi pesawat luar angkasanya.

Beberapa suara misterius terdengar seperti derit, retakan, dan cekikikan. Ada juga suara yang berisi erangan dan peluit.

Baca juga: NASA Temukan Air di Permukaan Bulan 

Berikut suara-suara misterius di alam semesta yang NASA kumpulkan dalam daftar putar SoundCloud Halloween, sebagaimana dikutip dari laman resmi NASA, Jumat (30/10/2020).

1. Gempa gemetar di Mars

Misi pendaratan pesawat tanpa awak Mars InSight telah mengukur dan merekam untuk pertama kalinya suara kemungkinan "Marsquake". Seismic Experiment for Interior Structure (SEIS) mendeteksi sinyal seismik yang lemah ini pada 2019.

Luar angkasa. (Foto: NASA/Unsplash)

2. Suara alam semesta kuno

Pada 13,8 miliar tahun lalu alam semesta tidak terdiri dari bintang dan planet, hanya berupa bola plasma panas atau campuran elektron, proton, serta cahaya. Gelombang suara mengguncang bayi semesta ini, dipicu fluktuasi menit, atau "kuantum", yang terjadi beberapa saat setelah big bang menciptakan kosmos. Suara dari alam semesta awal ditangkap oleh pesawat ruang angkasa Planck milik ESA.

Baca juga: 5 Fakta Perjalanan OSIRIS-REx dalam Misi Asteroid Bennu 

3. Lagu dari pusat galaksi

Pusat Galaksi Bima Sakti terlalu jauh untuk dikunjungi secara langsung, tapi masih bisa menjelajahinya. Teleskop memberi kesempatan melihat seperti apa pusat galaksi dalam berbagai jenis cahaya dan sonifikasi adalah proses yang menerjemahkan data menjadi suara. Pengamatan dari Observatorium Chandra X-Ray NASA menghasilkan suara seperti lagu dari lubang hitam supermasif bermassa 4 juta massa surya di Pusat Galaksi Bima Sakti.

4. Aura yang berputar-putar di Jupiter

Pada jarak dekat keempatnya dengan Jupiter pada 2 Februari 2017, pesawat luar angkasa Juno NASA mengamati sinyal gelombang plasma dari ionosfer Jupiter. Instrumen Juno's Waves mengukur gelombang radio dan plasma di magnetosfer Jupiter seperti yang didengar di daftar putar ini. Gelombang plasma tersebut tampak seperti aura yang berputar-putar di Jupiter.

Baca juga: NASA Berencana Hadirkan Teknologi 4G LTE di Bulan 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini