Update Google Drive Bisa Edit File Office secara Langsung

Felix Refialdo Handono, Jurnalis · Senin 02 November 2020 04:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 01 16 2302470 update-google-drive-bisa-edit-file-office-secara-langsung-6x5O3oeFag.jpg Ilustrasi Google. (Foto: Benjamin Dada/Unsplash)

GOOGLE Drive dapat membuka file terkait Microsoft Office seperti dokumen Word dan Spreadsheet. Namun, hal itu tidak secara langsung dan biasanya dibuka dalam bentuk pratinjau sebelum pengguna dapat memilih untuk membukanya dengan Google Docs atau Google Sheets.

Kini Google ingin membuat hal tersebut menjadi lebih cepat dan simpel. Mereka baru saja mengumumkan beberapa pembaruan (update) pada layanan Google Drive.

Baca juga: Google Tawarkan Storage Dropbox 100GB Gratis untuk Pengguna Chromebook 

Pengguna yang mengeklik dua kali file Office akan langsung membukanya dalam mode edit, sehingga memungkinkan langsung menyuntingnya.

Lalu pengguna juga masih bisa melihat file dengan mengeklik kanan dan memilih pratinjau. Bisa juga mengeklik file sekali dan menekan tombol P pada keyboard.

"Perubahan ini mempercepat membuka dan mulai mengedit dokumen. Pengguna dapat langsung mengedit, berkomentar, dan berkolaborasi pada file Office menggunakan antarmuka Google Doc, Spreadsheet, dan Slide yang sudah tidak asing lagi dengan perubahan otomatis disimpan ke file dalam format Office yang sudah ada," ungkap pihak Google, sebagaimana dikutip dari Ubergizmo, Senin (2/11/2020).

Baca juga: Apple Izinkan Pengguna iPhone dan iPad Kunci Google Drive 

Google menyatakan fitur baru ini akan berlaku untuk file dengan format docx, .doc, .ppt, .pptx, .xls, .xlsx, .xlsm. Lalu diberitahukan juga bahwa file yang dilindungi kata sandi tidak akan bisa dibuka langsung dalam mode pengeditan.

Pembaruan ini dilaporkan telah diterapkan, sehingga pengguna dapat langsung menggunakannya.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini