Insinyur Buat Kaki Robot untuk Pindahkan Bangunan Besar

Felix Refialdo Handono, Jurnalis · Senin 02 November 2020 10:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 01 16 2302478 insinyur-buat-kaki-robot-untuk-pindahkan-bangunan-besar-mZqsAux4rA.jpg Kaki robot pemindah gedung. (Foto: YouTube South China Morning Post)

BIASANYA ketika sebuah bangunan didirikan, lokasinya akan permanen. Jika ingin dipindahkan, hal ini menjadi tugas yang sangat sulit dan akan melibatkan pembongkaran serta pemasangan kembali di lokasi baru.

Namun tampaknya para insinyur di China telah berhasil menemukan solusi dari permasalahan tersebut. Mereka menemukan teknologi kaki robot yang bisa digunakan untuk memindahkan bangunan besar.

Baca juga: Peneliti Kerahkan Robot Anjing untuk Deteksi Radiasi Nuklir di Chernobyl 

Kaki robot itu secara total terdiri 198 unit. Teknologi ini bisa membantu bangunan "berjalan" ke lokasi barunya.

Salah satu bangunan yang berhasil dipindahkan adalah gedung sekolah bersejarah yang terletak di Shanghai. Demikian dinukil dari Ubergizmo, Senin (2/11/2020).

Namun, desain bangunan yang memiliki bentuk tidak beraturan membuat sulit memindahkannya menggunakan metode yang lebih konvensional seperti rel samping atau alas datar.

Baca juga: Usir Beruang Liar, Penduduk Jepang Gunakan Robot Monster Serigala 

Sebanyak 198 kaki robot hidrolik tersebut membantu gedung sekolah bersejarah itu berpindah tempat ke lokasi barunya dengan total jarak 62 meter. Pekerjaan ini dilakukan selama 18 hari.

Hal tersebut bukan dilihat seberapa efisien membutuhkan waktu, tetapi tentang memindahkan seluruh bangunan. Jadi secara keseluruhan langkah ini cukup mengesankan.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini