Bersaing dengan Ponsel Samsung, Ini Kelemahan iPhone 12

Hantoro, Jurnalis · Senin 02 November 2020 11:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 02 16 2302643 bersaing-dengan-ponsel-samsung-ini-kelemahan-iphone-12-AWKrofzkqj.jpg Ilustrasi iPhone 12. (Foto: Mashable)

APPLE baru saja merilis jajaran perangkat iPhone 12. Desainnya memiliki tepian yang datar, mengingatkan pada iPhone 5. Lalu secara internal, iPhone 12 mendukung konektivitas 5G dan chipset terbaru A14 Bionic. Namun iPhone 12 memiliki kapasitas baterai 2815 mAh, lebih kecil dari iPhone 11 atau ponsel Android lainnya, terutama Samsung Galaxy S20 FE 5G dengan 4500 mAh.

Dikutip dari Phone Arena, Senin (2/11/2020), dalam uji coba iPhone 12 dan 12 Pro menunjukkan bahwa bagi pengguna biasa ponsel ini dapat bertahan selama 1,5 hari dengan sekali pengisian daya.

Baca juga: Apple iPhone 13 Bakal Hadir dengan Storage 1TB? 

Lalu seberapa baik performa iPhone 12 Pro dibandingkan iPhone sebelumnya, dan beberapa pesaing Android-nya dalam hal masa pakai baterai? Berikut ulasan dari Phone Arena.

Browsing:

Uji baterai iPhone 12 dengan cara browsing. (Foto: Phone Arena)

(Foto: Phone Arena)

Dalam uji coba penjelajahan (browsing) di dunia maya, iPhone 12 Pro bertahan lebih lama dari iPhone 11 Pro, yakni hampir selama empat jam. IPhone 12 baru juga unggul dari iPhone 11 yang bertahan lebih lama sekira 1 jam.

Tetapi dibandingkan dengan ponsel lain, performa baterai iPhone 12 Pro tidak terlalu mengesankan. Akan sangat baik jika mereka mengikuti ponsel Android yang memiliki kapasitas baterai lebih besar.

Baca juga: Beredar Foto Bodi iPhone 12 Melukai Tangan Penggunanya 

Pemutaran Video YouTube:

Uji baterai iPhone 12 dengan cara memutar YouTube. (Foto: Phone Arena)

(Foto: Phone Arena)

Ponsel Samsung biasanya unggul dalam masa pakai baterai streaming video YouTube, dan kali ini bertahan lebih lama dari iPhone 12 dan 12 Pro. Sementara iPhone 12 Pro sedikit di depan iPhone 11 Pro. Sedangkan iPhone 12 berada di belakang pendahulunya tersebut.

Dari sekira 6,5 jam pemutaran YouTube terus-menerus memberikan hasil yang tidak terlalu buruk. Hal ini jika melihat dari kapasitas baterai yang dimiliki iPhone 12, jadi jangan berharap lebih.

Game 3D:

Uji baterai iPhone 12 dengan cara bermain game 3D. (Foto: Phone Arena)

(Foto: Phone Arena)

Kejutan terbesar adalah betapa buruknya performa iPhone 12 Pro dan iPhone 12 dalam pengujian game 3D. Keduanya hanya bertahan sekira 3 jam, jauh di belakang pesaing lainnya, dan bahkan jauh di belakang iPhone 11.

Guna memverifikasi hasil yang sangat buruk dari tes ini, dimainkan berbagai game seperti Call of Duty Mobile dan Minecraft. Kedua iPhone memunculkan permasalahan menjadi cukup hangat dan baterainya mulai habis dengan sangat cepat.

Baca juga: Cukup Arahkan Kamera Ponsel, Aplikasi Ini Bisa Ukur Tinggi Seseorang 

Saat berhenti bermain dan kembali ke penggunaan biasa, ponsel kembali ke suhu pengoperasian normal, dan baterai menjadi normal. Tampaknya ada kendala dengan game 3D populer.

Bagi gamer yang sering bermain secara nonsetop, mungkin ingin tetap menggunakan iPhone 11 Pro untuk saat ini, karena iPhone 12 Pro jelas tidak cocok untuk menjadi ponsel gaming dalam hal masa pakai baterainya, meskipun memiliki semua kekuatan.

Kesimpulan:

Itulah hasil tes masa pakai baterai iPhone 12 Pro dan iPhone 12. Kenyataannya menyatakan ponsel-ponsel tersebut lemah dalam hal penggunaan aplikasi video streaming, dan bahkan lebih buruk dalam hal bermain game 3D.

Tetapi jika kebanyakan hanya melakukan browsing dan mengakses media sosial, baterai iPhone 12 bisa saja bertahan semalam, bahkan akan baik-baik saja.

Baca juga: 5G Ternyata Bisa Bikin Boros Baterai iPhone 12 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini