Gunakan 198 Kaki Robotik, Bangunan Sekolah Tua Ini Berhasil Direlokasi

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 02 November 2020 11:59 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 02 16 2302682 gunakan-198-kaki-robotik-bangunan-sekolah-tua-ini-berhasil-direlokasi-h0F1kYDtjW.jpg (Foto: Odditycentral)

INSINYUR China berhasil memindahkan gedung sekolah bersejarah berusia 85 tahun di Shanghai ke lokasi baru dengan bantuan 198 kaki robotik. Mereka memindahkan bangunan tua untuk memberi ruang bagi proyek konstruksi baru.

Mungkin hal ini bukanlah suatu hal baru di China, tetapi yang membuat kasus ini sangat khusus dan menarik adalah metode yang mereka gunakan. Para insinyur ini menggunakan kaki-kaki robotik untuk memindahkan bangunan seberat 7.600 ton itu.

Biasanya, rel samping atau flatbeads digunakan untuk merelokasi struktur bangunan. Tetapi bentuk yang tidak teratur dari Sekolah Dasar Lagena menjadi tantangan bagi para insinyur. Mereka pun harus memutar otak agak bisa memindahkan bangunan itu dengan sempurna.

Setelah menimbang pilihan mereka, para ahli memilih sistem ‘berjalan’ inovatif yang terdiri dari 198 kaki hidrolik yang mengangkat bangunan raksasa. Kaki-kaki ini membantu struktur bangunan tersebut ‘berjalan’ dengan total jarak 62 meter selama 18 hari.

Dalam video mengesankan yang diposting oleh outlet media yang berbasis di Hong Kong, South China Morning Post, kaki hidrolik tersebut dapat dilihat bergerak satu per satu dan memindahkan gedung sekolah lama beberapa inci pada satu waktu.

 Insinyur China berhasil memindahkan gedung sekolah bersejarah berusia 85 tahun di Shanghai ke lokasi baru dengan bantuan 198 kaki robotik.

Baca juga: Fenomena Suara Aneh 'Hum' Terjadi Pertama Kali pada 1960

Seperti yang disebutkan sebelumnya, ini bukanlah operasi relokasi gedung pertama di dunia. Tapi ini menandai penggunaan pertama kaki robotik untuk prosedur semacam itu. Para insinyur proyek menjelaskan bahwa kaki robotik itu meniru kaki manusia.

Melansir dari Oddity Central, Senin (2/11/2020), fungsi berjalan robot ini tidak hanya terlihat lebih mengesankan daripada metode bergerak tradisional. Tapi alat ini juga diklaim dapat menghemat waktu 20 persen lebih banyak.

Selain itu, kaki-kaki robot ini dapat membantu para insinyur sedikit memutar bangunan dan mengubah orientasinya sekitar 20 derajat.

Sekadar informasi sekolah tua ini dibangun pada 1935. Sekolah Dasar Lagena harus dipindahkan untuk memberi ruang bagi pusat komersial baru. Alih-alih meruntuhkannya, pihak berwenang memutuskan untuk merelokasi dan merenovasi bangunan bersejarah tua itu.

“Kami akan mengubah sekolah menjadi bangunan yang mengintegrasikan pendidikan budaya dan pelestarian warisan takbenda, yang melibatkan budaya dan inovasi. Kami berharap dapat merevitalisasi gedung tua,” kata manajer umum proyek tersebut, Li Jianfeng.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini