Waspadai 6 Gejala Ini jika Terlalu Lama Gunakan Ponsel

Siska Permata Sari, Jurnalis · Senin 02 November 2020 21:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 02 16 2303048 waspadai-6-gejala-ini-jika-terlalu-lama-gunakan-ponsel-QNTRVdd1DG.jpg Ilustrasi smartphone. (Foto: NorWood Themes/Unsplash)

DI masa pandemi virus corona (covid-19) ini banyak orang melakukan berbagai aktivitas dari rumah, mulai belajar hingga bekerja. Penggunaan ponsel pintar pun menjadi lebih intens, seiring banyaknya komunikasi ke dunia luar.

Tidak hanya bisa menjadi alat komunikasi dan interaksi virtual, ponsel juga menjadi tempat mencari hiburan di kala bosan. Misalnya ketika Anda tidak bisa pergi keluar rumah selama libur panjang, bisa menemukan hiburan menarik dari dalam ponsel.

Baca juga: Cara Membersihkan Smartphone Cegah Penularan Covid-19 

Kesenangan dan kemudahan yang ditawarkan melalui smartphone tidak jarang membuat Anda asyik berselancar sampai lupa ada dampak negatif dari terlalu lama menggunakan ponsel.

Dampak negatif itu bisa dirasakan jika Anda terlalu banyak menghabiskan waktu di depan layar ponsel atau terlalu banyak screen time.

Smartphone. (Foto: Oliur/Unsplash)

Jika Anda sudah berlebihan menggunakan ponsel, beberapa gejala berikut ini bisa dirasakan. Apa saja? Simak daftarnya, seperti dirangkum dari Scripps, Selasa (3/11/2020).

- Ketegangan mata dan sakit kepala.

- Insomnia atau kurang tidur.

- Kecanduan media sosial.

- Sakit leher, bahu, dan punggung.

- Tendonitis, carpal tunnel, dan cedera penggunaan berulang lainnya.

- Gaya hidup menetap yang dikaitkan dengan penyakit jantung, obesitas, dan masalah kesehatan lainnya.

Baca juga: Cegah Ponsel Alami Overheating, Perhatikan 8 Hal Ini 

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini