Edward Snowden Ajukan Jadi Warga Negara Rusia

Hantoro, Jurnalis · Selasa 03 November 2020 14:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 03 16 2303379 edward-snowden-ajukan-jadi-warga-negara-rusia-ueNekRQJxw.jpg Edward Snowden. (Foto: CNN.com)

MANTAN kontraktor Badan Keamanan Nasional Amerika Serikat, Edward Snowden, mengumumkan bahwa dia dan istrinya akan mengajukan menjadi warga negara Rusia sambil tetap mempertahankan kewarganegaraan AS mereka.

"Setelah bertahun-tahun berpisah dari orangtua kami, saya dan istri tidak memiliki keinginan untuk dipisahkan dari putra kami. Itulah sebabnya di era pandemi dan perbatasan tertutup ini, kami mengajukan permohonan kewarganegaraan ganda AS-Rusia," kata Snowden dalam tweet yang diunggah Senin pagi, sebagaimana dikutip dari CNN.com, Selasa (3/11/2020).

Baca juga: Pilpres Amerika Serikat 2020, Netizen Gelorakan #ElectionDay 

Pekan lalu istri Edward Snowden, Lindsay Mills, mengumumkan sedang menantikan anak pertama mereka.

"Lindsay dan saya akan tetap menjadi warga Amerika, membesarkan putra kami dengan semua nilai Amerika yang kami cintai, termasuk kebebasan mengungkapkan pikirannya. Saya menantikan hari di mana saya dapat kembali ke Amerika, sehingga seluruh keluarga dapat menjadi bersatu lagi," kata Snowden.

Whistleblower Amerika Serikat ini baru-baru ini memperoleh izin tinggal permanen di Rusia. Demikian diungkapkan pengacaranya Anatoly Kucherena kepada kantor berita RIA Novosti pekan lalu.

Snowden dituduh melakukan spionase dan pencurian properti Pemerintah AS karena diduga membocorkan banyak informasi tentang intelijen Amerika dan program pengawasan massal ke media.

Baca juga: Apple Event Digelar Pekan Depan, Rilis MacBook Pro 16 Inci ARM? 

Dia telah tinggal di tempat pengasingan di Kota Moskow, Rusia, sejak 2013. Hingga saat ini hukum Rusia menyatakan bahwa orang asing harus meninggalkan kewarganegaraan lain untuk mengajukan paspor Rusia.

Undang-undang baru yang disahkan pada April ini mencabut persyaratan itu, memungkinkan Snowden mengajukan kewarganegaraan ganda.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini