Ini Penjelasan Mengapa Laut dan Langit Berwarna Biru

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Selasa 03 November 2020 17:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 03 16 2303570 ini-penjelasan-mengapa-laut-dan-langit-berwarna-biru-84LR7scML4.jpg (Foto: Freepik)

Saat Anda menatap ke langit di siang hari yang cerah, umumnya Anda akan melihat warna langit yang biru. Warna biru juga terlihat pada laut.

Tahukah Anda apa yang menyebabkan laut dan langit tampak berwarna biru? Buku 'Kisah 1001 Fakta Sains Tersuper di Dunia' menjelaskan bahwa atmosfer Bumi mengandung molekul gas kecil dan partikel (butiran) debu.

Sinar matahari yang memasuki atmosfer tersebut bertemu dengan molekul gas dan partikel debu tadi. Warna sinar yang memiliki gelombang sinar lebih panjang seperti merah dan kuning, dapat melewati dan menembus molekul gas dan debu tersebut.

Akan tetapi, warna biru yang memiliki gelombang sinar lebih pendek dipantulkan kembali ke atas atmosfer. Itulah mengapa langit terlihat berwarna biru.

 Saat Anda menatap ke langit di siang hari yang cerah, umumnya Anda akan melihat warna langit yang biru.

Prinsip yang sama berlaku juga dengan air di laut atau danau yang terlihat berwarna biru. Jika langit tidak biru di siang hari, itu berarti udara berdebu atau berkabut.

Situasi ini berbeda ketika sedang melihat langit saat matahari terbenam. Sinar matahari melakukan perjalanan lebih jauh melalui atmosfer Bumi akibatnya warna biru akan tersebar jauh dan warna yang tidak tersebar yakni merah dapat lebih terlihat, seperti dikutip dari Science-niblets.

Baca juga: Fenomena Suara Aneh 'Hum' Terjadi Pertama Kali pada 1960

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini