Gunakan Aplikasi Ini untuk Temukan Ponsel yang Hilang

Riyandy Aristyo, Jurnalis · Selasa 03 November 2020 22:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 03 16 2303622 gunakan-aplikasi-ini-untuk-temukan-ponsel-yang-hilang-yj5Bt6Ont1.jpg Ilustrasi smartphone. (Foto: Oliur/Unsplash)

SEBUAH aplikasi bernama SmartThings Find sedang dikembangkan Samsung. Perangkat lunak ini memungkinkan pengguna menemukan lagi ponsel Samsung-nya yang hilang.

Aplikasi tersebut sudah tersedia di semua perangkat model Galaxy secara global. Aplikasi ini bisa digunakan ponsel dengan sistem operasi minimal Android 8.

Baca juga: WhatsApp Hadirkan Fitur Storage Management untuk Hemat Memori Ponsel 

Secara teknis aplikasi ini memanfaatkan teknologi Bluetooth Low Energy (BLE) Ultra-Wideband (UWB) untuk menemukan ponsel Galaxy, meskipun perangkat tersebut dalam kondisi offline.

"Setelah perangkat offline selama 30 menit, aplikasi akan menghasilkan sinyal BLE yang dapat diterima oleh perangkat lain. Melalui SmartThings Find, semua smartphone atau tablet Galaxy yang hilang dapat memberi tahu server Samsung tentang lokasinya," jelas pihak Samsung, seperti dikutip dari Yonhap, Selasa (3/11/2020).

Baca juga: Peneliti Kembangkan Aplikasi Pendeteksi Covid-19 Melalui Suara Batuk 

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga menyediakan arah peta dengan suara layaknya Google Maps yang terintegrasi. Tujuannya untuk memudahkan pengguna menemukan perangkat yang hilang.

"Setelah dekat dengan perangkat, Anda dapat memilih opsi membuat perangkat 'berdering' atau menemukannya menggunakan fungsi pencarian terdekat berbasis augmented reality (AR) dengan grafik warna yang intensitasnya meningkat jika perangkat itu semakin dekat," terangnya.

Kabarnya ada penambahan fitur lain di dalam aplikasi ini mulai tahun depan. Harapannya, tidak hanya perangkat Galaxy yang bisa ditemukan, model lainnya yang hilang juga bisa ditemukan.

"Kami senang dapat bekerja sama dengan perusahaan terkemuka di bidang pencarian barang untuk memperluas dan memungkinkan Anda menemukan lebih banyak barang," kata Kepala Tim SmartThings di Bisnis Seluler Samsung Jung Jae-yeon.

Baca juga: Facebook Uji Fitur Dark Mode untuk Aplikasi Mobile 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini