Ini Arti Deretan Angka pada Barcode Produk

Anjasman Situmorang, Jurnalis · Rabu 04 November 2020 10:51 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 04 16 2303871 ini-arti-deretan-angka-pada-barcode-produk-VIZPrtBX0n.jpg Ilustrasi kode batang atau barcode. (Foto: Product-Label)

KODE batang (barcode) biasanya terdapat di produk-produk yang dijual di supermarket atau toko. Barcode dapat memudahkan kasir dalam menyelesaikan transaksi dengan cara memindai (scan) atau memasukkan nomor yang tertera di bawahnya.

Angka-angka yang panjang itu mungkin terlihat acak, namun sebenarnya ada arti di baliknya. Kode batang pada sebagian besar produk ritel di Amerika Serikat dan Kanada dikenal sebagai UPC-A untuk produk universal yang terdiri dari 12 digit angka.

Baca juga: Filter IG PlayStation 5 Bikin Heboh, Simak Cara Menggunakannya 

Sebagaimana dikutip dari Mental Floss, Selasa (3/10/2020), Geeky Camel menjelaskan bahwa digit pertama menunjukkan kategori suatu produk. Misalnya angka 3 menunjukkan barang yang berhubungan dengan kesehatan. Sedangkan angka 2 merujuk pada barang yang harus ditimbang, seperti daging.

Lima digit berikutnya akan memberi informasi perusahaan mana yang membuat produk itu. Kemudian digit terakhir disebut digit cek yang digunakan komputer memverifikasi semua nomor lain dalam kode telah dipindai atau dimasukkan dengan benar. Jadi setiap digit angka pada barcode sudah tersistem dalam komputer sehingga jika terjadi kesalahan akan muncul peringatan.

Baca juga: Sempat Dianggap Punah, Laba-Laba Rubah Raksasa 8 Mata Kembali Ditemukan 

Laporan BizFluent menyatakan produk kecil yang tidak mampu menampung 12 digit akan dipangkas menjadi 6 digit saja, namun tidak menghilangkan arti dari setiap digitnya. Inilah yang disebut barcode UPC-E.

Kemudian ada lagi barcode EAN-13 yang digunakan di seluruh dunia berisi informasi yang sama dengan kode batang UPC-A, tetapi juga menyertakan nomor yang sesuai dengan negara tempat kode batang itu didaftarkan.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini