Peneliti Temukan Ventilasi Hidrotermal Raksasa di Bawah Kawah Meksiko

Anjasman Situmorang, Jurnalis · Kamis 05 November 2020 15:52 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 05 16 2304778 peneliti-temukan-ventilasi-hidrotermal-raksasa-di-bawah-kawah-meksiko-8iTv7tUyCj.jpg Kawah Chicxulub di Meksiko. (Foto: IFL Science)

AHLI geologi pada awal tahun ini menemukan ventilasi hidrotermal raksasa di bawah Kawah Chicxulub, Meksiko, yang disebut-sebut ditinggalkan oleh asteroid pembunuh dinosaurus. Penemuan itu sebagai petunjuk penting tanda kehidupan 2,6 juta tahun lalu.

Pengeboran 1.335 meter ke dalam Kawah Chicxulub mengungkapkan sistem ventilasi di mana cairan panas mengalir melalui batuan berpori selama jutaan tahun setelah tumbukan asteroid.

Baca juga: Arkeolog Temukan Kerangka Kepala Suku Irlandia Berusia 418 Tahun 

Awalnya suhu akan melebihi 300 derajat Celsius. Namun, pendinginan lambat yang terjadi saat panas tumbukan asteroid menyebar menciptakan jendela panjang di mana suhu ideal bagi makhluk hidup termofilik yang berkembang di sekitar ventilasi vulkanis.

Tabrakan yang terjadi di kawah itu menunjukkan organisme yang berkembang biak di lokasi bawah tanah Kawah Chicxulub. Studi baru ini pun sudah dimuat di Jurnal Astrobiology.

Dikutip dari IFL Science, Kamis (5/11/2020), studi ini juga menemukan bola kecil dari mineral pirit selebar 0,01 milimeter. Menurut tim penelitian yang dipimpin David Kring, isotop dalam bola tersebut menunjukkan bahwa mereka diproduksi oleh mikroba selama lebih dari 2 juta tahun lalu dengan memanfaatkan energi yang ditransmisikan oleh asteroid.

Baca juga: Dikenal Menyeramkan, Burung Gagak Ternyata Sangat Cerdas 

Mikroba ini mengubah sulfat dalam cairan vulkanis panas menjadi sulfida yang kemungkinan menggunakan hidrokarbon sebagai donor elektron. Mikroba ini sudah lama hilang, namun sulfida yang ditinggalkan membuktikan keberadaan mereka.

Kawah Chicxulub merupakan salah satu yang besar dan paling terawat di Planet umi ini. Sistem hidrotermal di dalamnya dapat melestarikan kehidupan selama era Hadean.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini