Heboh Harimau Hitam yang Dinyatakan Punah Tertangkap Kamera

Wahyu Budi Santoso (Sindonews), Jurnalis · Kamis 05 November 2020 23:26 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 05 16 2304996 heboh-harimau-hitam-yang-dinyatakan-punah-tertangkap-kamera-WTAGzbCWmz.jpg Harimau hitam langka di India tertangkap kamera. (Foto: Soumen Bajpayee)

PUBLIK daerah timur Odisha, India, dihebohkan penemuan seekor harimau langka yang sebelumnya sudah dinyatakan punah. Harimau itu memiliki ciri-ciri berwarna hitam kebiruan. Kehadirannya diketahui setelah berhasil dipotret fotografer Soumen Bajpayee.

Ia memastikan harimau langka itu memiliki ciri-ciri bulu berwarna biru dengan garis-garis abu-abu gelap. Jenis harimau ini bisa dibilang sudah sangat langka, bahkan yang memiliki warna biru dikatakan telah punah sepenuhnya.

Baca juga: Sains dan Alquran Ungkap Lebah adalah Serangga yang Diistimewakan Allah 

Banyak orang terkejut dan tidak percaya hasil bidikan foto Soumen tersebut asli. Alasannya, "harimau pucat" itu terakhir kali muncul dan terlihat sekira 1950.

Soumen mengatakan foto-foto tersebut diambil ketika sedang berada di Cagar Biosfer Nilgiri, Tamil Nadu. Kala itu hujan baru saja berhenti dan dirinya sedang mengendarai mobil.

Ketika berkendara, Soumen dan rekannya melihat sebuah penampakan menyerupai harimau biasa sedang berjalan di jalanan. Setelah beberapa detik, sosok harimau tersebut berlari ke lereng dan menghilang.

"Harimau (langka) itu lebih terlihat memiliki rasa ingin tahu dan menggemaskan dibanding terlihat menakutkan atau agresif," jelas Soemen kepada The Sun.

Baca juga: Sempat Dianggap Punah, Laba-Laba Rubah Raksasa 8 Mata Kembali Ditemukan 

Ia mengatakan harimau ini tidak terlihat seperti harimau putih ataupun albino. Warna yang dimiliki terlihat unik karena hasil mutasi gen yang dinilai sangat jarang.

"Itu merupakan harimau terpucat yang pernah saya lihat," ungkap Pendiri Wildlife Protection Society of India Belinda Wright.

Lokasi pasti keberadaan harimau hitam langka tersebut sangat dirahasiakan hingga kini. Kerahasiaan tersebut bertujuan melindungi dari pemburu liar.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini