Peneliti Kembangkan Cat Putih Khusus yang Bisa Dinginkan Ruangan

Hantoro, Jurnalis · Jum'at 06 November 2020 08:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 06 16 2305066 peneliti-kembangkan-cat-putih-khusus-yang-bisa-dinginkan-ruangan-U5BQWtNQT0.jpg Peneliti buat cat putih khusus pendingin suhu ruangan. (Foto: YouTube Purdue University Mechanical Engineering)

WARNA yang dipilih untuk mengecat ruangan, rumah, atau bangunan lebih dari sekadar mengubah tampilannya. Warna dapat memengaruhi suasana, lalu juga bisa memengaruhi suhu secara keseluruhan.

Ini karena warna yang berbeda menyerap cahaya dengan cara berbeda pula. Beberapa warna menyerap cahaya lebih banyak dari yang lain. Itulah sebabnya warna seperti hitam diketahui dapat menahan panas.

Baca juga: Ilmuwan Ciptakan Cat Ultra-Putih Penangkal Radiasi Matahari 

Dikutip dari Ubergizmo, Jumat (6/11/2020), dalam upaya membantu mengurangi kebutuhan akan AC yang bisa menghabiskan banyak listrik dan juga melepaskan gas efek samping ke atmosfer, para peneliti dari Universitas Purdue, Indiana, Amerika Serikat, telah mengembangkan bentuk cat putih khusus yang diklaim dapat menurunkan suhu permukaan.

Cat khusus ini juga bisa menaikkan suhu hingga 18 derajat Fahrenheit dibandingkan lingkungan sekitarnya. Hasil tersebut mereplikasi efek lemari es tetapi tanpa mengonsumsi energi sama sekali.

Artinya dengan menggunakan cat khusus ini untuk mewarnai bangunan atau ruangan, dapat secara drastis menurunkan suhu, hingga akhirnya mengurangi kebutuhan akan peralatan seperti AC.

Baca juga: Alquran dan Sains Ungkap Asal hingga Manfaat Buah Delima

Kondisi bangunan pun diklaim akan lebih dingin. Maka itu, tidak perlu ada mesin pendingin ruangan untuk dinyalakan.

Kemudian cat putih khusus ini juga dapat memantulkan panas jauh ke luar angkasa. Di mana menurut para peneliti, membantu mencegah panas terperangkap di atmosfer dan berkontribusi terhadap pemanasan global.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini