Mantan Astronaut NASA Bertarung di Pemilu Amerika, Ini Daftarnya

Hantoro, Jurnalis · Jum'at 06 November 2020 13:50 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 06 16 2305257 mantan-astronaut-nasa-bertarung-di-pemilu-amerika-ini-daftarnya-cOdrGjP0kQ.jpg Ilustrasi astronaut NASA. (Foto: NASA/Unsplash)

PEMILIHAN Umum Amerika Serikat 2020 baru saja digelar. Pemilu dilakukan untuk memilih presiden dan anggota kongres. Selain Donald Trump dan Joe Biden yang bertarung di Pilpres AS, ternyata ada juga mantan astronaut NASA yang terjun ke dunia politik untuk memperebutkan kursi senator.

Dia adalah Mark Kelly yang pernah empat kali meluncur ke luar angkasa dan mengorbit Bumi. Kelly tergabung dalam Partai Demokrat dan mewakili Negara Bagian Arizona. Ia pun dinyatakan memenangkan pemilihan sebagai senator dengan raihan 52,63 persen suara.

Baca juga: Pemilu Amerika, Mantan Astronaut NASA Terpilih Jadi Senator 

Selain Mark Kelly, ternyata ada beberapa astronaut yang lebih dulu mengikuti pemilu dan menduduki jabatan di Kongres AS. Berikut ini daftarnya, sebagaimana dinukil dari Fox News, Jumat (6/11/2020).

1. John Glenn

Astronaut pertama yang pernah menduduki kursi Kongres Amerika Serikat adalah John Glenn. Ia orang pertama Amerika yang mengorbit Bumi. Dia menjadi salah satu astronaut misi Mercury 7.

Glenn menjabat sebagai Senator AS mewakili Negara Bagian Ohio dari Partai Demokrat. Dia menjabat selama empat periode mulai 1974 hingga 1999.

Setelah meninggalkan kantor parlemen, Glenn yang saat itu berusia 77 tahun terbang ke orbit lagi, meluncurkan pesawat ulang-alik Discovery sebagai spesialis muatan.

2. John Swigert

Pilot modul komando Apollo 13 John "Jack" Swigert terpilih menjadi anggota Dewan Perwakilan AS yang mewakili Distrik Ke-6 Colorado sebagai seorang anggota Partai Republik pada 1982. Tetapi ia meninggal karena kanker sebelum menjabat posisi tersebut.

Baca juga: iPhone 13 Diklaim Tidak Akan Dilengkapi Fitur Touch ID di Layar 

3. Harrison Schmitt

Pilot modul bulan Apollo 17, Harrison "Jack" Schmitt, menjadi satu dari dua orang terakhir yang berjalan di bulan pada 1972. Ia menjadi senator mewakili Negara Bagian New Mexico dari Partai Republik. Schmitt menjadi anggota parlemen selama enam tahun mulai 1977 hingga 1983.

Senator ke Luar Angkasa

Sementara itu ada juga senator Amerika Serikat yang pernah meluncur ke luar angkasa. Dia adalah Senator Jake Garn (R-UT) bersama perwakilan Bill Nelson (D-FL) yang dipilih terbang menggunakan pesawat ulang-alik sebagai pengamat kongres dan spesialis muatan saat NASA sedang berupaya membuka penerbangan luar angkasa untuk publik.

Baca juga: Chrome Extension Bisa Kembalikan Ikon Klasik Google 

Garn bergabung dengan kru STS-51D di pesawat ulang-alik Discovery. Mereka menjalankan misi selama seminggu untuk menyebarkan dua satelit komunikasi pada tahun 1985.

Sedangkan Nelson, yang kemudian terpilih menjadi senat, terbang di pesawat ulang-alik Columbia bersama kru STS-61C. Ia menjalankan misi enam hari di luar angkasa. Ini merupakan penerbangan terakhir sebelum tragedi pesawat ulang-alik Challenger yang mengerahkan satelit dan melakukan sains pada tahun 1986.

Baca juga: Peneliti Kembangkan Cat Putih Khusus yang Bisa Dinginkan Ruangan 

Astronaut Gagal Menembus Kongres AS

Selain lima penjelajah luar angkasa dan Mark Kelly, empat astronaut Amerika Serikat lainnya pernah mencalonkan diri untuk Kongres. Sayangnya, mereka tidak berhasil memenangkan pemilihan legislatif ini. Masing-masing adalah:

1. Al Worden

Pilot modul komando Apollo 15, Al Worden, berkampanye tetapi kehilangan pendahuluan Republik untuk kursi distrik ke-12 Florida di Dewan Perwakilan pada tahun 1982.

2. Jack Lousma

Skylab dan anggota awak pesawat ulang-alik Jack Lousma memenangkan pendahuluan Partai Republik, tetapi kalah dalam pemilihan untuk menjadi senator dari Michigan pada tahun 1984.

3. Jay Buckey

Jay Buckey, yang terbang sebagai spesialis muatan STS-90 di Columbia, menarik tawarannya untuk kursi Senat New Hampshire sebelum pemilihan pendahuluan Demokrat pada tahun 2008.

4. Jose Hernandez

Dua tahun kemudian, spesialis misi STS-128 Jose Hernandez memenangkan nominasi Partai Demokrat, tetapi kalah pemilihan untuk kursi distrik 10 California di Dewan Perwakilan Rakyat.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini