Ditemukan Fosil Dinosaurus Paruh Bebek Berusia 66 Juta Tahun

Anjasman Situmorang, Jurnalis · Jum'at 06 November 2020 19:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 06 16 2305480 ditemukan-fosil-dinosaurus-paruh-bebek-berusia-66-juta-tahun-u9HBOoeXrC.jpg Ilustrasi dinosaurus paruh bebek. (Foto: Raul Martin/IFL Science)

FOSIL dinosaurus paruh bebek ditemukan di bebatuan tidak jauh dari Casablanca, Pantai Atlantik, Maroko. Fosil hewan purba dari keluarga Hadrosaurid ini diperkirakan berusia 66 juta tahun yang dahulu diduga menyeberangi lautan untuk sampai ke wilayah Afrika.

"Benar-benar tidak pada tempatnya. Wilayah Afrika terisolasi oleh air. Lalu bagaimana mungkin mereka bisa sampai ke sana?" kata penemu fosil, Nicholas Longrich, seperti dikutip dari IFL Science, Jumat (6/11/2020).

Baca juga: Punya Sayap, Dinosaurus Ini Justru Tidak Mampu Terbang 

Ia dan tim menamakan dinosurus itu Ajnabia Odysseus untuk mencerminkan perjalanan panjangnya. Ajnabia kecil menurut standar Hadrosaurid memiliki panjang 3 meter ketika rekan-rekannya di benua lain mencapai 15 meter. Namun, gigi dan rahangnya menunjukkan bagian dari subfamili Lambeosaurinae Hadrosaurid.

Dilihat dari beberapa bebetauan tempat fosil ditemukan, tampaknya dinosaurus ini mampu menceburkan diri ke air dan menyeberangi sungai dengan tenaga besar serta kaki yang kuat.

Baca juga: Seorang Anak Temukan Fosil Dinosaurus Berusia 69 Juta Tahun 

"Tidak mungkin mereka berjalan ke Afrika. Dinosaurus ini berevolusi lama setelah pergeseran yang membelah benua, dan kita tidak memiliki bukti adanya jembatan darat. Secara geologi Afrika dikelilingi lautan, jadi satu-satunya cara mencapai Afrika adalah melalui air," papar Longrich.

Dia dan rekannya berpikir Ajnabi termasuk klade (kelompok taksonomi) Arenysaurini yang menunjukkan leluhur mencapai Afrika melalui Eropa daripada Amerika Utara.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini