Google Play Store Bermasalah, Ini Cara Ampuh Memperbaikinya

Anjasman Situmorang, Jurnalis · Minggu 08 November 2020 09:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 08 16 2306043 google-play-store-bermasalah-ini-cara-ampuh-memperbaikinya-dnLOb48eCN.jpg Ilustrasi Google Play Store. (Foto: Mika Baumiester/Unsplash)

GOOGLE Play Store menjadi gudang aplikasi bagi ponsel Android. Namun terkadang sering muncul masalah yang mengganggu, misalnya kesalahan saat mengunduh aplikasi baru hingga Play Store tidak dapat terbuka.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memastikan apakah masalah itu ada di pihak Google atau pengguna. Cara sederhananya menggunakan layanan Down Detector. Jika banyak orang yang melaporkan keluhan sama, bisa dipastikan masalah tersebut ada pada pihak Google Play Store.

Baca juga: Robot 'Sophia' Mirip Manusia Diberi Hak Warga Negara, Kok Bisa? 

Apabila masalahnya ada pada sisi pegguna, langkah paling umum dan harus dilakukan me-restrart ponsel. Selain itu ada beberapa langkah untuk mengatasi Google PlayStore yang bermasalah, berikut caranya, sebagaimana dirangkum dari Androidpit, Minggu (8/11/2020).

Cari Tahu Sumber Masalahnya

1. Periksa koneksi internet

Coba alihkan jaringan internet dari Wi-Fi ke data seluler atau sebaliknya. Kemudian coba menggunakan mode pesawat ponsel dan mengembalikannya lagi. Terakhir, atur ulang router untuk memastikan koneksi internet dalam keadaan baik.

2. Pengaturan tanggal dan waktu

Tanggal dan waktu ponsel Android untuk Play Store akan diperiksa oleh Google. Jika Play Store tidak menemukan waktu, maka itu akan menyebabkan masalah. Server bakal kesulitan melakukan sinkronisasi dengan perangkat sehingga Play Store tidak berfungsi. Maka itu, pastikan tanggal dan waktu ponsel Android sudah diatur secara otomatis oleh jaringan.

Baca juga: Ketahui 7 Tingkatan Rank di Game Mobile Legends 

Periksa Aplikasi Google Play

1. Instal aplikasi Google Play terbaru

Terkadang pembaruan aplikasi Google Play sudah tersedia tapi tidak terunduh secara otomatis. Akibatnya, Google Play yang digunakan masih versi lama hingga berhari-hari atau bahkan bermingu-minggu.

2. Kosongkan cache Google Play Store

Dalam beberapa kasus, mengosongkan cache dapat membantu menyelesaikan masalah Google Play Store. Caranya dengan masuk ke Settings, pilih Apps atau Application Manager. Kemudian gulir ke bawah untuk masuk ke penyimpanan, dan hapus cache.

3. Hapus data Play Store

Ini akan mengatur aplikasi kembali ke titik awal dan menyebabkan seluruh file, pengaturan, akun, data, dan informasi lainnya akan terhapus. Caranya dengan membuka Settings, pilih Apps atau Application Manager. Kemudian gulir ke bawah untuk hapus data. Jika belum berhasil, coba hapus data dan cache di Layanan Google Play.

4. Setel ulang akun Google di perangkat Android

Ini berarti semua yang terhubung dengan akun Google di perangkat Android akan disetel ulang, tidak hanya di Play Store. Pastikan untuk mengingat akunnya sebelum melakukan langkah ini. Caranya dengan membuka Seetings dan ketuk Account. Pilih ikon titik tiga di atas dan akun yang ingin dihapus.

Periksa Aplikasi Pihak Ketiga

1. Periksa aplikasi yang dinonaktifkan

Ada beberapa aplikasi yang dapat berjalan jika dibantu oleh aplikasi lainnya. Caranya dengan masuk ke Settings, pilih Apps atau Application Manager. Aktifkan aplikasi yang mati.

2. Nonaktifkan VPN

Menggunakan VPN dapat berguna mendapatkan media di luar lokasi geografis. Namun ini menjadi masalah untuk Google Play. Cara menonaktifkannya masuk ke Settings, pilih More atau More Networks. Tekan VPN dan matikan.

3. Aktifkan pengelola unduhan

Terkadang pengelola unduhan yang tidak berfungsi dapat menyebabkan masalah Google Play Store. Cara mengaktifkannya buka Settings, ketuk Apps atau Application Manager. Gulir ke bawah dan temukan Downloads atau Download Manager untuk mengaktifkannya.

Jika solusi tersebut masih belum dapat mengatasi masalah, silahkan pergi File Explorer dan cari root/system directory. Kemudian temukan "hosts.txt" dan hapus file itu. Menghapus pembaruan Google Play juga perlu dicoba melalui Application Manager. Terakhir, cara paling ekstrem dengan reset data pabrik ponsel Android yang menyebabkan semua data akan hilang.

Baca juga: 5 Aplikasi Bisa Kembalikan Data yang Terhapus di Android 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini