Heboh Video Syur Mirip Gisel, Ahli IT Ungkap Asal Kebocoran

Sindonews, Jurnalis · Minggu 08 November 2020 17:57 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 08 16 2306255 heboh-video-panas-mirip-gisel-ahli-it-ungkap-asal-kebocoran-blR6WT6iJ2.jpg Ilustrasi (Foto : Livescience)

Beredarnya video panas mirip artis Gisel menghebohkan publik baru-baru ini. Kasus tersebut masih terus dalam penyelidikan pihak kepolisian.

Sejumlah merek smartphone memang telah memberikan keamanan sebaik mungkin pada perangkat mereka. Namun, kebocoran data seperti foto dan video yang tersimpan di dalam smartphone tetap terjadi.

Dikutip dari Sindonews.com, demi memaksimalkan keamanan, bukan hanya tugas pemilik merek semata, tetapi juga memerlukan kebijakan pengguna dalam menjaga ponselnya agar konten dalam smartphone seperti video maupun foto tidak mudah tersebar.

Main Hp

"Banyak peristiwa foto maupun video pribadi bisa bocor ke publik karena hal-hal remeh," jelas Pakar Keamanan Siber, Pratama Persadha, saat dihubungi Sindonews, Minggu (8/11/2020).

Baca Juga : Google Play Store Bermasalah, Ini Cara Ampuh Memperbaikinya

Di antara hal remeh tersebut, lanjut Pratama, salah satunya adalah karena keinginan “pamer” ke orang terdekat, sehingga video dan foto tersebut dikirimkan melalui aplikasi seperti WhatsApp. Bahkan, yang paling banyak terjadi adalah foto video pribadi yang dikirimkan ke pasangan.

"Setelah nanti hubungan tidak baik dan putus, akibat kejengkelan foto video tersebut disebar ke internet, bisa dengan akun anonim pribadi atau dikirim ke akun tertentu," imbuhnya.

Jika ditelusuri di platform Twitter, ada banyak akun yang mau menerima dan mempublikasikan foto dan video pribadi mantan pacar.

Akun semacam ini sangat banyak berkeliaran. Meski sudah diblokir oleh pihak Twitter, namun dengan cepat muncul yang baru dan juga cepat mengumpulkan followers, sehingga video atau foto itu menjamur di dunia maya.

Karena itu, sangat berbahaya bagi pasangan yang belum menikah maupun yang sudah menikah untuk mengirimkan atau sekadar menyimpan foto maupin video yang sangat intim.

"Sebaiknya jangan, karena kita tidak tahun apakah hubungan ini akan berlanjut dan baik terus kedepannya atau malah akan berbalik," tegas Pratama.

Main Hp

Selain itu, yang tak kalah penting adalah jangan membiarkan orang lain mengetahui password smartphone. Bahkan, bila perlu saat tidur smartphone harus dimatikan. Karena bila tetap hidup, bisa saja dibuka dengan jari pemilik tanpa sepengetahuannya.

Kejadian ini bisa dilakukan oleh pasangan, teman, maupun keluarga sendiri. "Ini untuk mengantisipasi jika adanya konten pribadi intim yang dilihat, dan nantinya malah dibagikan oleh oknum yang membuka smartphoneitu," tandas Pratama.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini