Wow, Bocah Usia 9 Tahun Menang Lomba Desain Toilet Canggih NASA

Hantoro, Jurnalis · Senin 09 November 2020 06:48 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 09 16 2306364 wow-bocah-usia-9-tahun-menang-lomba-desain-toilet-canggih-nasa-jTr5Fcv5F1.jpg Zyson Kang Zy Shun menang sayembara desain toilet NASA. (Foto: Facebook IDiscovery World/HeroX/Malaymail)

SEORANG bocah berusia 9 tahun bernama Zyson Kang Zy Shun asal Malaysia memenangkan lomba desain toilet luar angkasa yang diadakan National Aeronautics and Space Administration (NASA). Ia ditetapkan sebagai juara oleh NASA karena menemukan perangkat yang memungkinkan astronaut "menjawab panggilan alam" tanpa melepas pakaian antariksanya.

Zyson Kang Zy Shun mengungkapkan penemuan Spacesuit Lunar Toilet-nya itu selama webinar yang diselenggarakan NASA pada Rabu lalu. Dia dengan jelas memaparkan mekanisme perangkat canggih temuannya.

Baca juga: NASA Gunakan Teknologi Terbaru untuk Dokumentasikan Misi ke Bulan 

Perangkat tersebut pas di dalam pakaian astronaut dan bekerja di sekitar gaya berat mikro dengan menggunakan ruang hampa untuk menyedot cairan apa pun. Ini memungkinkan astronaut buang air di dalam pakaiannya.

Ketika waktunya menggunakan toilet, astronaut hanya perlu menggerakkan kaki untuk memicu fungsi vakum yang akan mengalirkan cairan apa pun ke dalam kotak pembuangan limbah di dalam pakaian tersebut.

"Pompa jarum suntik dipasang pada sepatu luar angkasa dan wadah vakum dipasang pada saku celana luar angkasa. Tidak membutuhkan tenaga listrik untuk mengoperasikannya, hanya membutuhkan tenaga mekanik kinetik," kata Kang, seperti dikutip dari Malaymail, Senin (9/11/2020).

Penemuan luar biasa ini menjadikannya sebagai pemenang di Nasa's Lunar Loo Challenge (Kategori Junior). Lomba ini mengharuskan penemu-penemu muda berbagi ide tentang toilet kompak yang akan membantu astronaut kembali ke bulan pada 2024 dalam Misi Artemis.

Baca juga: NASA Gelar Sayembara Desain Toilet di Bulan Berhadiah Rp500 Juta 

Hampir 900 ide dari 85 negara dikirim, hingga akhirnya Kang bersama Joel John Arun dari Inggris ditetapkan sebagai pemenang dalam kategori di bawah usia 11 tahun.

Kang menjelaskan bahwa penemuannya adalah versi pembaruan dari pakaian antariksa yang digunakan oleh astronaut dalam misi bulan Apollo pada tahun 1969.

Saat itu astronaut harus buang air kecil ke dalam manset seperti kondom yang dikosongkan ke dalam tas. Namun penemuan itu jauh dari sempurna dan laporan resmi NASA tentang Misi Apollo menyatakan bahwa "sering terjadi tumpahan urine".

Desain Kang tidak hanya nyaman untuk perjalanan luar angkasa tetapi juga dapat digunakan di Bumi oleh para profesional medis yang mungkin tidak dapat istirahat di kamar mandi selama keadaan darurat.

Baca juga: Pilpres Amerika 2020, Astronaut NASA Berikan Suara dari Luar Angkasa 

"Desain ini tidak hanya bisa digunakan di bulan, namun juga bisa digunakan sebagai toilet medis. Karena kita sekarang sedang pandemi, dokter atau perawat yang perlu buang air kecil atau buang air besar sambil menyelamatkan orang bisa langsung (ke toilet) seperti ini," ungkap Kang.

Selain kecintaannya pada luar angkasa, siswa kelas III asal Selangor, Malaysia, ini bercita-cita menjadi ahli genetika ketika besar nanti. Ia juga merupakan penggemar berat serial Jurassic Park. Kang pun sangat tertarik pada gagasan mengembalikan spesies yang punah melalui paleogenetika.

Baca juga: NASA Ungkap 4 Suara Menyeramkan di Alam Semesta 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini