Peneliti Sebut 300 Juta Planet di Galaksi Bima Sakti Berpotensi Dihuni

Felix Refialdo Handono, Jurnalis · Senin 09 November 2020 14:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 09 16 2306606 peneliti-sebut-300-juta-planet-di-galaksi-bima-sakti-berpotensi-dihuni-IQV7zCR1wP.jpg Galaksi Bima Sakti. (Foto: V Belokurov/Marcus and Gail Davies/Robert Gendler/SCI-News)

PARA astronom peneliti menyebut sedikitnya 300 juta planet di Galaksi Bima Sakti berpotensi dihuni makhluk hidup. Hal ini berdasarkan data dari teleskop luar angkasa Kepler yang melaporkan ratusan planet itu memiliki sifat seperti Bumi.

"Kepler telah memberi tahu kami bahwa ada miliaran planet, tetapi sekarang kami tahu sebagian besar planet itu mungkin berbatu dan dapat dihuni," kata astronom Ames Research Center NASA, Steve Bryson, seperti dikutip dari Science Alert, Senin (9/11/2020).

Baca juga: Gelombang Radio Misterius Terdeteksi di Galaksi Bima SaktiĀ 

Saat coba mempersempit planet ekstrasurya mana yang mungkin menampung kehidupan, ditemukan bahwa satu-satunya planet yang para peneliti tahu pasti mendukung kehidupan adalah planet kita sendiri yaitu Bumi.

Salah satu tujuan utama Kepler adalah membantu menentukan berapa banyak exoplanet yang cocok dengan ketiga parameter ini yang mungkin ada di Galaksi Bima Sakti. Bryson dan timnya menggunakan empat tahun data misi Kepler yang asli, mulai Mei 2009 hingga Mei 2013.

Baca juga: Peneliti Temukan Exoplanet di Galaksi Bima Sakti, Lebih Kecil dari BumiĀ 

Dalam misi pertama itu Kepler mengidentifikasi 4.034 calon exoplanet, dan lebih dari 2.300 di antaranya kemudian divalidasi. Tetapi teleskop luar angkasa mengalami kesulitan menemukan planet berbatu yang lebih kecil.

Jadi, peneliti mendapat metode untuk menentukan Zona Goldilocks sebuah bintang berdasarkan radius planet dan fluks foton ā€“jumlah foton per detik per unit area dari bintang tersebut.

Para peneliti membatasi pencarian pada exoplanet antara 0,5 dan 1,5 kali massa Bumi dan bintang antara 4.800 dan 6.300 Kelvin (4.530 hingga 6.025 derajat Celsius; 8.180 dan 10.880 derajat Fahrenheit) dalam suhu efektif (matahari memiliki suhu efektif 5.780 Kelvin).

Baca juga: Tata Surya Disebut Miliki Bidang Kedua, Disebabkan Gravitasi GalaksiĀ 

Tim menemukan bahwa sekira setengah dari bintang-bintang ini, berdasarkan perhitungan mereka, seharusnya memiliki exoplanet Zona Goldilocks yang berbatu. Itu kira-kira 300 juta bintang di Galaksi Bima Sakti.

Dengan ditemukannya hal ini menjadi benar-benar penting untuk ditelusuri lebih detail dan terperinci di masa mendatang sehingga dapat lebih mengetahui planet yang berpotensi dihuni makhluk hidup.

Baca juga: Astronom Temukan Populasi Baru Bintang di Galaksi Bima SaktiĀ 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini