Ilmuwan Ungkap Populasi Walabi yang Makin Banyak di Inggris

Anjasman Situmorang, Jurnalis · Senin 09 November 2020 19:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 09 16 2306631 ilmuwan-ungkap-populasi-walabi-yang-makin-banyak-di-inggris-SphHvpIkut.jpg Ilustrasi hewan walabi. (Foto: David Clode/Unsplash)

SEBANYAK 95 penampakan walabi telah dikumpulkan yang membuktikan hewan ini berkembang biak di wilayah Inggris. Sebenarnya walabi telah ditemukan di Inggris lebih dari 1 abad lalu. Awalnya hewan ini diimpor untuk kebutuhan kebun binatang dan koleksi pribadi.

Saat Perang Dunia II, banyak di antara walabi yang dilepas karena penjaga dan kolektor memiliki kesibukan lain. Hal ini meningkatkan jumlah walabi liar di Inggris dan akhirnya populasi menjadi mapan di Peak District.

Baca juga: Heboh Harimau Hitam yang Dinyatakan Punah Tertangkap Kamera 

Dua ilmuwan peneliti bernama Anthony Caravaggi dan Holly English coba mencari tahu dampak populasi walabi yang sudah banyak di Inggris. Langkah awal yang mereka lakukan adalah dengan menentukan di mana walabi liar dapat ditemukan dan seberapa sering tercatat.

"Dua tahun lalu kami mulai menjawab pertanyaan itu dengan mengumpulkan data dari laporan berita, media sosial, dan repositori data publik periode 2008 hingga 2018. Kami membuat laman untuk orang-orang mengirim penampakan hewan itu," kata para peneliti itu, seperti dikutip dari IFL Science, Senin (9/11/2020).

Baca juga: Sains dan Alquran Ungkap Lebah adalah Serangga yang Diistimewakan Allah 

Tim peneliti coba memastikan bahwa laporan penemuan itu memang walabi yang dimaksud. Data sederhana ini digunakan oleh Anthony dan Holly untuk memetakan distribusi walabi di Inggris. Mereka menemukan ada 95 penampakan walabi di Inggris dalam rentang waktu 10 tahun itu.

Kebanyakan dari hewan ini ditemukan di selatan Inggris dan paling banyak tercatat pada Agustus. Hal ini mungkin karena walabi yang aktif di musim panas dan kebanyakan menjauh dari induknya.

Selain itu tim peneliti juga mendapat dua laporan penampakan walabi dengan anak di dalam kantong. Keduanya diperkirakan berasal dari wilayah yang sama di Cornwall pada 2009 dan 2010. Ini bisa jadi indikasi walabi berkembang biak di perdesaan Inggris.

Baca juga: Mengapa Anjing Selalu Mengikuti Pemiliknya? Ini Jawabannya 

Penemuan ini, menurut Anthony dan Holly, di samping memberikan manfaat tentunya masih banyak pertanyaan yang belum bisa terjawab.

"Penelitian kami memberi cahaya baru bagi kehidupan walabi liar di Inggris. Namun sebagaimana penelitian lainnya, ini juga memiliki beberapa pertanyaan, misalnya dapatkah mereka berdampak negatif pada tanaman asli Inggris," jelasnya.

Baca juga: Lewati Batas Aman, 2 Pemain Kayak Hampir Ditelan Ikan Paus Besar 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini