Rekam Video Pakai Ponsel, Ikuti Langkah Ini agar Hasilnya Bagus

Riyandy Aristyo, Jurnalis · Senin 09 November 2020 22:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 09 16 2306852 rekam-video-pakai-ponsel-ikuti-langkah-ini-agar-hasilnya-bagus-Uotei8KOLA.jpg Ilustrasi merekam video menggunakan smartphone. (Foto: Angela Compagnone/Unsplash)

VIDEO kini menjadi bagian penting dalam aktivitas sehari-hari. Segala kegiatan seakan-akan wajib didokumentasikan. Bahkan kini banyak content creator YouTube bermunculan di dunia, termasuk Indonesia. Hal ini lantaran memproduksi sebuah video sudah sangat mudah tanpa perlu menggunakan kamera profesional seperti DSLR dan mirrorless.

Salah satu fotographer dan content creator Indonesia, Glenn Prasetya, mengatakan untuk membuat video dengan kualitas terbaik juga bisa menggunakan smartphone. Namun, ponsel pintar tersebut harus memiliki fitur Electronic Image Stabilization System (EIS).

Baca juga: YouTube Hapus Mode Picture-In-Picture di iPhone iOS 14 

"Dengan fitur EIS, setiap pengambilan gambar tidak akan bergetar. Alhasil, video yang terekam bisa maksimal," kata dia, sebagaimana dikutip dari iNews.id, Senin (9/11/2020).

Ia menambahkan, selain fitur EIS, kamera smartphone juga wajib beresolusi tinggi. Lalu pastikan audio yang terekam tidak ada gangguan atau noise.

Itu dari segi perangkat, sedangkan dari sisi personal, pengguna harus mempunyai kreativitas tinggi untuk menyajikan konten. Minimal di tujuh detik pertama, video yang ditampilkan berupa informasi menarik.

Baca juga: 6 Cara Hemat Kuota Data ketika Meeting di Zoom 

"Sebuah konten dapat memengaruhi penonton akan stay atau berpaling ke video lain jika di awal tidak menarik. Pastikan skill mengedit video juga mumpuni," ujarnya.

Dia menyarankan saat mengedit video, content creator harus memerhatikan grading warna, transmisi, penempatan teks, dan efek suara yang sesuai dengan isi video.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini