PUBG Mobile Bisa Dimainkan Lagi di India?

Felix Refialdo Handono, Jurnalis · Selasa 10 November 2020 16:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 10 16 2307385 pubg-mobile-bisa-dimainkan-lagi-di-india-jYWIy3ftmO.jpg Game PUBG. (Foto: PUBG)

PUBG Mobile sempat menarik diri dari India pada 30 Oktober 2020, karena adanya larangan dari Pemerintah India terkait adanya hubungan dengan Tencent Games. Larangan ini diberlakukan berdasarkan Bagian 69A dari Undang-Undang Teknologi Informasi India yang memberikan kewenangan kepada Pemerintah India untuk mengeluarkan arahan intersepsi atau pemantauan atau dekripsi informasi apa pun melalui sumber daya mana pun.

Maka itu, Pemerintah India dapat memilih memblokir transmisi informasi ke dan dari sumber tertentu melalui internet. Pasalnya, hubungan dengan Tencent dianggap menimbulkan ancaman keamanan siber.

Baca juga: PUBG Mobile secara Resmi Menarik Diri dari India 

Menanggapi berita bahwa gamenya akan dilarang di negara yang memiliki hampir 5 juta pemain, PUBG Corporation membatalkan kemitraannya dengan Tencent.

PUBG Mobile pada awalnya dibuat oleh perusahaan Korea Selatan Bluehole (sekarang disebut Krafton, Inc). PUBG Corporation secara teknis adalah perusahaan Korea, dan satu-satunya ikatannya dengan Tencent adalah melalui publikasi game seluler.

Kesepakatan baru yang bermitra dengan Microsoft dapat memberi para pemain di India akses ke PUBG melalui Azure. Sejauh ini tidak banyak detail tentang bagaimana gamer di India pada akhirnya akan mengakses game tersebut, atau apakah memerlukan akun Microsoft Live dan/atau Azure untuk mengaksesnya. Harapannya adalah PUBG pada akhirnya akan muncul kembali di iTunes dan Google Play Store.

Dikutip dari Gamerant, Selasa (10/11/2020), langganan Azure memerlukan verifikasi identitas melalui nomor telepon dan kartu kredit atau email. Layanan Microsoft Azure memberi pelanggan mesin virtual yang menggunakan penggunaan "gambar" untuk meniru Sistem Operasi komputer dan Android. Ini merupakan salah satu opsi yang tersedia.

Baca juga: Game PUBG 60 FPS Akan Hadir di PS5 dan Xbox Series X 

Kelemahan dari solusi ini adalah, tidak seperti PUBG Mobile standar, layanan Azure VM hadir dengan label biaya per jam untuk mesin yang sangat dasar. Jika VM tersebut memiliki kartu grafis Nvidia, harganya akan naik.

Hal ini membuat para gamer frustrasi, terutama ketika masalah hukum dan politik mengganggu mereka bermain game dengan nyaman.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini