Penyebab Ponsel Cepat Panas, Mulai Aplikasi hingga Baterai

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Rabu 11 November 2020 00:18 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 10 16 2307576 penyebab-ponsel-cepat-panas-mulai-aplikasi-hingga-baterai-ylG8BqbKg2.jpg Ilustrasi smartphone. (Foto: Unsplash)

DI masa pandemi ini penggunaan ponsel pintar (smartphone) makin intens. Durasinya bahkan bisa dua kali lipat dari biasanya. Pasalnya, segala aktivitas dilakukan dari rumah, mulai belajar hingga bekerja.

Permasalahan yang muncul ketika terlalu sering mengoperasikan ponsel adalah panas berlebih. Mendadak smartphone menjadi terasa sangat panas. Dipegang pun menjadi tidak nyaman.

Baca juga: Rekam Video Pakai Ponsel, Ikuti Langkah Ini agar Hasilnya Bagus 

Berikut beberapa penyebab yang membuat ponsel cepat panas, sebagaimana dikutip dari laman Makeusof.

1. Aplikasi

Pengguna ponsel Android rentan terhadap aplikasi yang berjalan di latar belakang dan membutuhkan sumber daya, seperti CPU, Wi-Fi, atau internet seluler. Jika aplikasi berjalan dengan cara ini, perangkat akan cepat panas.

Ilustrasi smartphone. (Foto: CardMapr/Unsplash)

2. Kamera

Penggunaan kamera dalam waktu lama bisa membuat ponsel cepat panas. Misalnya, merekam video dengan durasi yang sangat panjang bisa menjadi pemicunya.

3. Malware

Perangkat lunak jahat atau malware dapat menyebabkan panas berlebih pada ponsel. Pengembang malware tidak peduli dengan kesehatan ponsel Anda, mereka hanya membutuhkan data yang ada di dalamnya.

Baca juga: Ponsel Lama Masih Banyak Manfaatnya Lho, Ini Contohnya 

4. Baterai

Aspek lain yang perlu dipertimbangkan adalah keadaan baterai Anda dan kabel charging. Ketika ponsel yang Anda gunakan sudah lama, sebaiknyatidak pernah mengisi daya hingga 100 persen. Cobalah secara teratur mengisi daya 80 hingga 90 persen untuk menjaga baterai tetap sehat.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini