Deretan Website yang Bisa Perbaiki Foto Blur, Menarik Dicoba

Riyandy Aristyo, Jurnalis · Rabu 11 November 2020 01:39 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 10 16 2307583 deretan-website-yang-bisa-perbaiki-foto-blur-menarik-dicoba-eF9qJJc69p.jpg Ilustrasi memfoto menggunakan smartphone. (Foto: Damiano Lingauri/Unsplash)

KADANG seorang fotografer menghadapi masalah hasil foto yang tidak sesuai harapan, salah satunya blur atau tidak fokus. Keadaan ini bisa saja terjadi akibat berbagai, mulai situasi yang tidak kondusif hingga perangkat yang kurang maksimal.

Namun masalah tersebut kini bisa diatasi hanya dengan membuka sejumlah website. Ada tiga laman yang menyediakan layanan memperbaiki foto blur menjadi jelas atau fokus.

Baca juga: Tips Foto Malam Hari, Hindari Polusi Cahaya hingga Gunakan Software 

Caranya pun tergolong mudah. Pengguna cukup mengunggah data foto tersebut ke kolom yang disediakan.

Berikut ini website-website tersebut, sebagaimana dikutip dari iNews.id, Rabu (11/11/2020).

1. Waifu2x (Waifu2x.booru.pics)

Tampilan website ini cukup simpel dan bisa digunakan oleh pemula. Pengguna cukup memasukkan foto yang ingin diperbaiki lewat kolom "Pilih File".

Spesifikasi foto yang diunggah tidak boleh melebihi 8 MB atau 3840 x 3840 PX. Kemudian pilih resolusi yang diinginkan (Noise Reduction), medium atau high.

Setelah itu klik angka "2x" pada kolom Scale, lalu ceklis kotak kosong "Saya Bukan Robot" dan klik kolom Waifu2x.

Baca juga: Fitur Baru Adobe Bantu Identifikasi Foto Palsu 

2. Bigjpg (bigjpg.com)

Website memperbaiki foto blur yang satu ini juga sangat mudah digunakan. Cukup klik kolom " Select Files" berwarna hijau dan cari foto yang ingin diperbaiki. Batasan ukuran file foto tidak boleh lebih dari 10 MB dan resolusi 3000 x 3000 PX.

3. Upscalepics (upscalepics.com)

Sama seperti Bigjpg, website ini mudah digunakan dan hanya memasukan file foto yang ingin direstorasi. Spesifikasi foto yang bisa diperbaiki tidak boleh melebihi kapasitas 1500 x 1500 PX. Kemudian klik "Select Files" atau drag foto dari folder.

Foto akan muncul di sebelah kiri layar, klik bacaan "Click to Start Processing" sampai muncul tulisan "Loading". Setelah selesai, muncul ikon tanda panah ke bawah atau logo unduh lalu klik dan selesai.

Baca juga: Google Photos Tak Lagi Simpan Foto dan Video dari Media Sosial 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini