Indosat Ooredoo dan XL Axiata Dorong Kesiapan Layanan 5G

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Rabu 11 November 2020 10:28 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 11 16 2307721 indosat-ooredoo-dan-xl-axiata-dorong-kesiapan-layanan-5g-Lcx2QegFvX.jpg (Foto: TechSpot)

Operator telekomunikasi mendorong kesiapan layanan 5G. Salah satu operator telekomunikasi ialah Indosat Ooredoo yang baru-baru ini mengumumkan kerjasama dengan Cisco untuk menghadirkan jaringan transport dengan SRv6 dan SDN terkonvergensi di Indonesia.

Indosat Ooredoo mengumumkan kesiapan untuk membangun jaringan transport yang siap untuk 5G yang didukung teknologi baru dari Cisco, yaitu arsitektur jaringan Software-defined Networking (SDN) terkonvergensi dan Segment Routing IPv6 (SRv6).

Indosat Ooredoo dan Cisco melanjutkan kerja sama yang telah berlangsung selama beberapa dekade untuk menghadirkan jaringan transport di wilayah Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Transformasi menuju jaringan transport SDN terkonvergensi akan mewujudkan simplifikasi jaringan, mengoptimalkan kapasitas dan meningkatkan skalabilitas jaringan, dengan menjaga latensi jaringan secara konsisten dan unggul. Jaringan transport SDN tersebut secara bersamaan akan dapat mendukung layanan perusahaan dan bisnis, serta layanan fixed dan mobile broadband.

Jaringan baru ini secara menyeluruh didukung segment routing IPv6, yang menyajikan arsitektur jaringan terpadu dan policy-aware, dengan integrasi yang mulus antara domain transport dan domain data-center. Segment routing juga mewujudkan kemampuan pemisahan jaringan dengan biaya yang efektif dan latensi rendah, yang merupakan salah satu prasyarat utama untuk layanan 5G.

Tidak hanya Indosat Ooredoo, XL Axiata juga menyiapkan jaringan menuju 5G. XL Axiata melanjutkan proses fiberisasi jaringan. Fiberisasi ini untuk mendukung peningkatan kualitas jaringan data di setiap area karena salah satu manfaat dari proses ini adalah kapasitas jaringan transport menjadi lebih besar.

Fiberisasi terbukti mampu meningkatkan kualitas jaringan untuk menopang sejumlah layanan data dengan kapasitas besar, seperti antara lain live video streaming.

 Operator telekomunikasi mendorong kesiapan layanan 5G.

Baca juga: Penyebab Ponsel Cepat Panas, Mulai Aplikasi hingga Baterai

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini