Misi Crew-1 SpaceX dan NASA Siap Diluncurkan Akhir Pekan Ini

Anjasman Situmorang, Jurnalis · Rabu 11 November 2020 16:28 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 11 16 2307999 misi-crew-1-spacex-dan-nasa-siap-diluncurkan-akhir-pekan-ini-KvdyNJNVke.jpg Tim astronaut misi Crew-1 SpaceX dan NASA menuju ISS. (Foto: NASA)

SPACEX yang bekerja sama dengan NASA siap meluncurkan pesawat ruang angkasa Crew Dragon berisi empat astronaut ke Stasiun Ruang Angkasa Internasional (International Space Station/ISS). Peluncuran dilakukan pada akhir pekan ini, Sabtu 14 November. Misi ini sekaligus menandai penerbangan ruang angkasa komersial berawak penuh untuk pertama kalinya.

Dikutip dari Live Science, Rabu (11/11/2020), sebelumnya pada 30 Mei, perusahaan milik Elon Musk ini telah meluncurkan dua orang ke luar angkasa dalam tahap uji coba. Peluncuran menggunakan kapsul Crew Dragon. Namun hal itu sebatas uji coba yang berlangsung selama 64 hari di ISS.

Baca juga: NASA-SpaceX Siap Luncurkan 4 Astronaut Crew-1 ke Stasiun Luar Angkasa 

Misi sesungguhnya segera dilaksanakan pada Sabtu pekan ini. Misi ini dinamai Crew-1 yang membawa astronaut NASA Michael Hopkins, Victor Glover, Shannon Walker, serta astronaut Jepang Soichi Noguchi. Mereka akan tinggal di ISS selama 6 bulan.

Misi ini juga dinamakan Ekspedisi 64 karena mereka menjadi kelompok orang ke-64 yang mendiami dan bekerja di ISS dalam jangka waktu lama.

Keempat astronaut ini sudah menjalani karantina sejak 31 Oktober dan telah tiba di Kennedy Space Center untuk menjalani persiapan terakhir pada 8 November.

Ekspedisi yang berlangsung hingga 18 April 2021 ini bakal meningkatkan okupansi ISS. Para astronaut memiliki tugas berjalan di luar angkasa untuk menyalakan seperangkat instrumen ilmiah di bagian luar stasiun yang saat ini tidak aktif.

Baca juga: Roket Starship SpaceX Akan Bantu Bersihkan Sampah Luar Angkasa 

Crew Dragon dibawa oleh Roket SpaceX Falcon 9. Roket ini mengalami masalah beberapa waktu lalu karena pernis penutup merah yang digunakan untuk melindungi komponen mesin menutupi katup pelepas di mesin Merlin. Akibatnya, misi meluncurkan satelit GPS pada 2 Oktober ditunda.

Meski begitu, hingga kini tidak ada indikasi masalah pada mesin Merlin yang menghambat keberangkatan Crew Dragon. Peluncuran dijadwalkan pada 19.49 EST dan akan mencapai ISS dalam waktu 8,5 jam kemudian.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini