Ini Tokoh yang Menemukan Jaringan Internet

Anjasman Situmorang, Jurnalis · Rabu 11 November 2020 17:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 11 16 2308028 ini-tokoh-yang-menemukan-jaringan-internet-HZv2kJbsUX.jpg Ilustrasi internet. (Foto: Leon Seibert/Unsplash)

INTERNET tidak dapat dipisahkan lagi dari kehidupan manusia. Dengan kehadiran internet, aktivitas sehari-hari di segala bidang sangat terbantu. Namun sulit untuk menentukan penemu internet kepada satu orang. Internet adalah hasil karya lusinan ilmuwan, pemograman, dan insinyur yang masing-masing mengembangkan fitur dan teknologi sehingga menjadi "jalan tol informasi" seperti sekarang.

Seperti dikutip dari History, Rabu (11/11/2020), Nikola Tesla sempat mencoba gagasan tentang sistem nirkabel dunia pada awal 1900-an. Kemudian pemikir visioner seperti Paul Otlet dan Vannevar Bush memahami sistem penyimpanan buku dan media yang dapat ditelusuri secara mekanis pada tahun 1930-an dan 1940-an.

Baca juga: SpaceX Klaim Kecepatan Internet Buatannya Melebihi 160 Mbps 

Lalu pada 1960-an, JCR Licklider memopulerkan gagasan "Jaringan Antargalaksi" komputer. Tidak lama setelah itu, ilmuwan komputer lainnya mengembangkan konsep "packet switching" untuk mentransmisikan data elektronik secara efektif yang kemudian menjadi salah satu blok bangunan utama internet.

Prototipe internet pertama yang dapat digunakan datang pada akhir 1960-an dan dibuat oleh Advanced Research Projects Agency Network (ARPANET). Pesan pertamanya disampaikan pada 29 Oktober 1969, yaitu komunikasi "node to node" dari satu komputer ke komputer lain.

Baca juga: Tips Meletakkan Wi-Fi Router yang Tepat agar Internet Tidak Lambat 

Teknologi ini terus berkembang pada 1970-an setelah ilmuwan Robert Kahn dan Vinton Cerf mengembangkan sistem Transmission Control Protocol and Internet Protocol atau TCP/IP. Ini model komunikasi yang menetapkan standar bagaimana data dapat ditransmisikan antara beberapa jaringan.

TCP/IP diadopsi oleh ARPANET pada 1 Januari 1983. Sejak saat itu para peneliti mulai merakit jaringan-jaringan menjadi internet modern. Ilmuwan komputer, Tim Berners-Lee, kemudian menemukan apa yang disebut World Wide Web (WWW). Ini sebenarnya hanyalah alat yang membantu mengakses data secara online dalam bentuk situs web atau hyperlink. Web inilah yang membantu memopulerkan internet di kalangan publik.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini