Pria Ini Simpan Lebih dari 1.000 Ponsel Jadul di Rumahnya

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 11 November 2020 18:37 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 11 16 2308084 pria-ini-simpan-lebih-dari-1-000-ponsel-jadul-di-rumahnya-wBuOr0Njmc.jpg (Foto: Rayson Tan/Unsplash)

SEORANG tukang reparasi ponsel bernama Sehabettin Ozcelik, menyimpan berbagai macam gadget dari masa ke masa sebagai kenangan. Pria asal Turki ini sukses mengoleksi ponsel yang terdiri dari 1.000 model seperti Nokia 3310 dan Motorola Razr V3.

Sebagaimana diketahui, banyak generasi milenial yang tidak merasakan menggunakan ponsel yang masih menggunakan keypad manual. Kini hampir semua ponsel keluaran terbaru menggunakan layar sentuh dan telah menghilangkan tombol fisik.

Oleh sebab itu Ozcelik mengumpulkan sejumlah tipe ponsel lama yang masih menggunakan keypad manual sebagai koleksinya. Sebagian besar ponsel yang dikoleksi Ozcelik sudah tidak diproduksi lagi, dan sangat sulit ditemukan saat ini.

“Saya mulai melakukan pekerjaan ini karena minat saya pada ponsel. Suatu hari, saya memutuskan untuk memulai koleksi, karena mengira itu akan segera usang. Semua ponsel dalam koleksi saya masih berfungsi, tetapi tidak lagi diproduksi,” kata Ozcelik, melansir dari Oddity Central, Rabu (11/11/2020).

 Tukang reparasi ponsel bernama Sehabettin Ozcelik, menyimpan berbagai macam gadget dari masa ke masa sebagai kenangan.

Baca juga: Ini Tokoh yang Menemukan Jaringan Internet

Sehabettin Ozcelik menyimpan semua koleksi berharganya di rumahnya. Ia mengatakan bahwa dulu memiliki hampir 2.000 ponsel yang berbeda. Tetapi pencuri masuk ke rumahnya beberapa tahun lalu dan mengambil lebih dari 700 koleksi ponselnya.

Ozcelik mulai mengumpulkan ponsel usang sekira 20 tahun lalu. Selain hobi mengumpulkan, ia juga sangat menyukai teknologi yang ada di dalamnya. Meskipun mendapat tawaran untuk beberapa model terlangka, ia tidak mau menjual koleksinya itu.

“Mereka semua adalah model langka dan sangat berharga. Beberapa pembeli mendekati saya dan ingin membeli beberapa, tetapi saya tidak menjual. Pekerjaan yang sulit untuk mempertahankan mereka, tapi saya ingin menjaga mereka dalam kondisi terbaik semampu saya,” tuturnya.

Menariknya, Sehabettin Ozcelik bukan satu-satunya orang yang tertarik dengan ponsel jadul. Pada 2017, Stefan Polgari, seorang pemuda Slovakia yang, memiliki koleksi 1.231 model ponsel yang berbeda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini