Foto Langka Neil Armstrong dan Buzz Aldrin di Bulan Akan Dilelang

Hantoro, Jurnalis · Kamis 12 November 2020 13:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 12 16 2308425 foto-langka-neil-armstrong-dan-buzz-aldrin-di-bulan-akan-dilelang-5PZTzglyq4.jpg Astronaut NASA di bulan. (Foto: NASA/Unsplash)

SATU-satunya foto langka astronaut Misi Apollo 11 Neil Armstrong berdiri di bulan direncanakan bakal dilelang. Diperkirakan foto tersebut akan terjual dengan harga yang sangat mahal.

Gambar Neil Armstrong, manusia pertama yang mendarat di bulan, bakal dilelang di rumah lelang Christie. Ini menjadi bagian dari penjualan besar yang mencakup sekira 2.400 foto dari zaman keemasan eksplorasi ruang angkasa NASA.

Baca juga: Peristiwa 20 Juli : Neil Armstrong Mendarat di Bulan 

"Koleksi tersebut adalah koleksi pribadi paling komprehensif dari foto-foto NASA yang pernah dipresentasikan dilelang, dan mencakup setiap tonggak visual program luar angkasa, dari masa awal Merkurius, kemajuan teknis Gemini dan Lunar Orbiter, hingga kejayaan Apollo," ungkap Christie dalam keterangan resminya, seperti dikutip dari Fox News, Kamis (12/11/2020).

"Di samping gambar ikonik, Voyage to Another World menawarkan foto-foto yang tidak dirilis oleh NASA pada saat misi tersebut. Dengan perkiraan mulai 800 hingga 30.000 poundsterling, penjualan tersebut menawarkan kepada kolektor di seluruh dunia kesempatan unik untuk memperoleh momen universal dalam sejarah umat manusia," lanjutnya.

Foto langka Neil Armstrong di bulan. (Foto: Christie Images/Fox News)

Foto langka Neil Armstrong menginjakkan kaki di bulan. (Foto: Christie Images/Fox News)

Foto ikonik tersebut menunjukkan Neil Armstrong berdiri di permukaan bulan di sebelah bendera Amerika. Foto itu ditangkap oleh astronaut Buzz Aldrin, manusia kedua di bulan dan orang pertama yang melakukan selfie di luar angkasa. Selfie Aldrin juga merupakan bagian dari lelang

Termasuk Armstrong dan Aldrin, hanya 12 orang yang pernah berjalan di bulan. Semuanya orang Amerika.

Baca juga: Wow, Bocah Usia 9 Tahun Menang Lomba Desain Toilet Canggih NASA 

Foto penting lainnya dalam lelang, yang dikumpulkan oleh Victor Martin-Malburet selama 15 tahun, termasuk foto "Blue Marble" dan "Earthrise" yang terkenal.

"Para astronaut sering digambarkan sebagai ilmuwan dan pahlawan hebat, tetapi jarang dipuji sebagai beberapa fotografer paling signifikan sepanjang masa," kata Martin-Malburet dalam keterangannya.

Barang-barang terkait Armstrong lainnya telah dilelang baru-baru ini, termasuk milik pribadinya pada Oktober 2019.

Baca juga: NASA Gunakan Teknologi Terbaru untuk Dokumentasikan Misi ke Bulan 

Pada Juli 2019 dilelang medali emas yang terbang dalam Misi Apollo 11 ke bulan bersama Armstrong. Juni 2019 dilelang foto Armstrong yang ditandatangani dan langka sedang melakukan lompatan raksasa bagi umat manusia.

Neil Armstrong sendiri wafat pada 2012 dalam usia 82 tahun.

Baca juga: Pilpres Amerika 2020, Astronaut NASA Berikan Suara dari Luar Angkasa 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini