Dua Spesies Baru Mamalia Glider Ditemukan di Australia

Anjasman Situmorang, Jurnalis · Kamis 12 November 2020 14:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 12 16 2308462 dua-spesies-baru-mamalia-glider-ditemukan-di-australia-2WmQ46zIVW.jpg Penemuan dua spesies baru mamalia glider di hutan Australia. (Foto: Steven Kuiter/Fox News)

PARA peneliti menemukan sepasang spesies mamalia baru di hutan Australia. Keduanya diduga berasal dari keluarga glider, namun belum pernah diketahui secara sains. Penelitian yang terbit dalam jurnal Nature's Scientific Reports ini mengungkap spesies baru glider berukuran lebih besar dan usia hidup hingga 15 tahun.

Setelah memeriksa sampel DNA, para peneliti memperkirakan hewan marsupial ini kira-kira seukuran kucing. Ini menunjukkan glider jenis baru tersebut memiliki lebih banyak keragaman daripada yang diketahui sebelumnya.

Baca juga: Sains dan Alquran Jelaskan Kehidupan Hewan Mirip Manusia 

"Ada spekulasi bahwa terdapat lebih dari satu spesies glider yang lebih besar. Kami juga sudah punya bukti DNA," kata Denise McGregor, penulis utama penelitian tersebut, seperti dikutip dari Fox News, Kamis (12/11/2020).

Para peneliti menggunakan pengurutan Diversity Arrays (DArT) untuk menghasilkan temuan mereka. Rekan penulis studi, Kara Youngentob, menyatakan penemuan ini akan membantu konservasi mamalia yang terancam punah.

Baca juga: YouTube Meminta Maaf soal Gangguan Layanan Hari Ini

Pada Mei 2016, spesies tersebut terdaftar sebagai hewan terancam punah. Kemudian Juni 2020, World Wildlife Fund (WWF) mengungkapkan kerusakan habitat hewan ini meningkat sekira 52 persen di New South Wales dan Queensland.

Ia juga mengatakan kebakaran hutan di Australia tahun ini sudah sangat parah dan belum pernah terjadi sebelumnya. Hal ini mengakibatkan hilangnya sebagian besar habitat dan kematian hewan secara luas. Maka itu, perlu adanya perlindungan untuk spesies dalam menghadapi perubahan iklim.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini