Robot Penjelajah NASA Kian Mendekati Mars, Cari Bukti Kehidupan

Anjasman Situmorang, Jurnalis · Jum'at 13 November 2020 09:19 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 13 16 2308871 robot-penjelajah-nasa-kian-mendekati-mars-cari-bukti-kehidupan-xacQNuk22N.jpg Ilustrasi pesawat robot penjelajah Mars milik NASA. (Foto: NASA/JPL-Caltech/Fox News)

PESAWAT robot milik NASA memiliki waktu kurang dari 100 hari akan tiba Kawah Jazero di Planet Mars. Misi ini untuk menemukan potensi kehidupan di sana.

NASA menyebutkan bahwa pesawat itu kini memiliki jarak yang tersisa sekira 166 juta mil untuk sampai di Mars pada 18 Februari 2021. Jika pendaratan berhasil, maka JPL NASA akan menerima konfirmasi sekira 11 menit kemudian.

Baca juga: Studi Baru: Mars Miliki Banyak Air Sebelum Ada Kehidupan di BumiĀ 

"Sementara kami menyebut perjalanan 6,5 bulan dari Bumi ke Mars, saya jamin tidak banyak kroket yang terjadi di geledak lido. Kami memeriksa pesawat ruang angkasa, merencanakan dan menyimulasikan operasi pendaratan di permukaan. Seluruh tim bekerja setiap jam untuk eksplorasi di Kawah Jezero," kata manajer proyek penjelajahan ini, John McNamee, seperti dikutip dari Fox News, Jumat (13/11/2020).

Beberapa pencapaian yang sudah dilakukan seperti memastikan sistem yang digunakan untuk turun di Mars dalam kondisi baik. Kemudian tetap memperbarui instrumen PIXL dan SHERLOC serta menganalisis Sistem Visi Lander.

Baca juga: Astronom Temukan Kembaran Bulan di Dekat MarsĀ 

Simulasi operasi permukaan yang mengemudi dan mengumpulkan sampel dilakukan selama lima hari, dimulai dari 16 November. Setelah itu, NASA mengatakan pada 18 Desember akan dilakukan manuver koreksi lintasan menggunakan delapan pendorong tahap jelajah untuk menyempurnakan jalur pesawat ruang angkasa menuju Mars.

Setelah mendarat di Kawah Jezero, pesawat ruang angkasa ini akan bergabung bersama penjelajah Curiosity yang masih aktif dan penjelajah Opportunity yang telah menyelesaikan tugasnya di Planet Merah. Durasi misi di permukaan Mars setidaknya dilakukan selama 687 hari.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini