Ilmuwan Temukan Danau Kuno Terkubur Es Setebal 1 Mil di Greenland

Anjasman Situmorang, Jurnalis · Jum'at 13 November 2020 11:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 13 16 2308917 ilmuwan-temukan-danau-kuno-terkubur-es-setebal-1-mil-di-greenland-UY6oXAuiF5.jpg Lapisan es Greenland. (Foto: Jason Krieger/Unsplash)

PARA ilmuwan menemukan danau kuno yang terkubur di bawah es setebal 1 mil. Danau itu terbentuk saat Greenland Barat Laut bebas es antara ratusan ribu atau bahkan jutaan tahun lalu. Penemuan ini mungkin menyimpan sejarah masa lalu dan kemungkinan masa depan Greenland.

"Ini bisa jadi informasi penting. Kami sedang berusaha coba memahami bagaimana lapisan es Greenland berperilaku di masa lalu. Hal ini penting jika ingin mempelajarinya dalam beberapa dekade ke depan," kata Guy Paxman, peneliti postdoctoral di Lamont-Doherty Earth Observatory Universitas Columbia, dikutip dari Live Science, Jumat (13/11/2020).

Baca juga: Peneliti: 35.900 Miliar Ton Es Greenland Bisa Hilang pada Abad Ini 

Paxman dan rekan-rekannya menemukan danau itu menggunakan data dari instrumen yang menggunakan radar yang menembus bawah permukaan es untuk mengukur topografi.

Cekungan danau terletak 1,1 mil (1,8 kilometer) di bawah permukaan es dan membentang lebih dari 7.100 kilometer persegi. Titik terdalamnya mencapai angka sekira 250 meter ke bawah.

Sistem air ini sekarang berupa sedimen. Paxman mengatakan kedalaman sedimen mengungkapkan usianya antara ribuan hingga jutaan tahun. Danau itu mungkin terbentuk ketika sebuah patahan kuno memisahkan Bumi sehingga menciptakan depresi.

Baca juga: Peta Satelit Ungkap Es Mencair di Greenland dan Antartika 

Para peneliti juga menduga cekungan itu dibentuk oleh gletser yang menyusut. Kepastiannya hanya bisa didapatkan dengan mengebor ke bawah es untuk mempelajarinya secara langsung. Dasar danau mungkin berisi jejak bahan kimia atau fosil tertentu yang dapat mengungkap lebih banyak tentang iklim Greenland pada masa lalu.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini