Punya Kekayaan Alam Melimpah, Biodiversitas Indonesia Perlu Dilestarikan

Anjasman Situmorang, Jurnalis · Jum'at 13 November 2020 17:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 13 16 2309134 punya-kekayaan-alam-melimpah-biodiversitas-indonesia-perlu-dilestarikan-GRU01gn4Pt.jpg Ilustrasi biodiversitas Indonesia. (Foto: Maksim Shutov/Unsplash)

PENELITI dari Pusat Penelitian Bioteknologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Wulansih Dwi Astuti, mengatakan biodiversitas Indonesia perlu dilestarikan. Indonesia dikenal sebagai mega-biodiversity country dari 17 negara di dunia yang artinya sebagai salah satu negara memiliki kekayaan sumber daya alam melimpah. Ini bisa jadi karena wilayah Indonesia berada di Khatulistiwa.

Sebagai mega-biodiversity, suatu negara harus memiliki setidaknya 5.000 tumbuhan endemik, dan Indonesia telah memenuhi syarat itu. Keanekaragaman hayati ini penting dilestarikan untuk menjamin kesejahteraan manusia.

Baca juga: Fakta Planet Lava K2-141b, Hujan Batu hingga Angin Supersonik 

"Keanekaragaman tidak hanya dimanfaatkan, namun juga dilestarikan untuk kelangsungan hidup di masa yang akan datang," kata Wulan dalam webinar bertajuk 'Biodiversitas untuk Kesejahteraan Manusia', Jumat (13/11/2020).

Dia mengatakan manusia hidup dari keanekaragaman hayati yang bermanfaat dalam berbagai bidang kehidupan. Salah satu biodiversitas di Indonesia adalah sapi yang sering digunakan sebagai bahan pangan.

Selain itu, keanekaragaman hayati Indonesia juga dapat diolah menjadi bioproduk tertentu yang menambah nilai jual. Tidak hanya hewan, biodiversitas tumbuhan juga harus dilestarikan.

Baca juga: Penyimpanan Unlimited Google Photos Dihentikan Mulai Juni 2021 

Dalam kesempatan sama, Peneliti P2KT Kebun Raya LIPI Titien Ngatinem Praptosuwiryo mengatakan beberapa tanaman harus dibudidayakan.

"Dulunya orang hanya mengumpulkan tumbuhan untuk dimakan-dimakan. Sekarang beberapa tanaman sudah dibudidayakan untuk keperluan tertentu. Salah satu caranya dengan kultivar yang mengelompokkan tanaman budidaya berdasarkan ciri tertentu," kata Titien.

Ia juga menyinggung padi sebagai salah satu tanaman berperan penting bagi kehidupan manusia. Para peneliti Indonesia juga telah melakukan berbagai pendekatan yang menghasilkan banyak varietas padi di Indonesia. Kemudian shorgum bicolor atau gula tebu yang mnejadi makanan pokok di Afrika, Asia Selatan, dan Amerika Tengah.

Baca juga: Baterai iPhone 12 Pro Max Ternyata Lebih Kecil dari Pendahulunya 

Dia mengatakan gula tebu juga menjadi sumber utama gula komersial. Ini dibudidayakan di Papua Nugini sekira 8.000 tahun lalu. Selain itu gula tebu digunakan untuk etanol dan keperluan industri lainnya di daerah tropis dan subtropics di dunia.

Maka itu, penting untuk menjaga kelestarian biodiversitas Indonesia. Keanekaragaman menjadi peran kunci kesejahteraan manusia. Khususnya tanaman-tanaman tertentu seperti buah, sayur, umbi, hingga tanaman obat.

Baca juga: Ilmuwan Temukan Danau Kuno Terkubur Es Setebal 1 Mil di Greenland 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini