Heboh Buaya Aligator Raksasa Berkeliaran di Lapangan Golf

Felix Refialdo Handono, Jurnalis · Jum'at 13 November 2020 21:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 13 16 2309270 heboh-buaya-aligator-raksasa-berkeliaran-di-lapangan-golf-Tk49Yd8lhk.jpg Aligator raksasa berkeliaran di lapangan golf Florida. (Foto: Twitter @MattDevittWINK)

SEEKOR buaya aligator raksasa sepanjang 10 kaki baru-baru ini membuat heboh para pemain golf di Florida, Amerika Serikat. Buaya yang digambarkan oleh salah satu media seukuran dinosaurus itu terlihat berjalan di sepanjang lapangan di Naples, Florida. Demikian dilaporkan Fox News, Jumat (13/11/2020).

Baca juga: Anya Geraldine Main Sama Buaya, Netizen Salfok Caption: Masukin Ya 

Ini bukan pertama kalinya aligator terlihat di lapangan golf di bagian selatan Negeri Paman Sam. Pada Mei lalu, sekelompok pegolf di Hilton Head, South Carolina, merekam sebuah perkelahian sampai mati antara dua aligator besar. Mereka mengatakan kepada media lokal bahwa perkelahian itu berlangsung sekira dua jam.

Pada Agustus 2019, seekor buaya setinggi 7 kaki berpapasan dengan seorang pemain golf di Florida. Kemudian, beberapa bulan sebelumnya pada bulan April 2019, seekor buaya diduga terpisah dari kelompoknya terlihat di lapangan lain di Hilton Head dan berlarian di sepanjang jalur yang membuat heboh para pemain golf saat itu.

Aligator adalah hewan yang termasuk genus Alligator, namun dapat pula merujuk pada lingkup yang lebih luas, yaitu famili Alligatoridae, meskipun famili tersebut juga mencakup kelompok kaiman dari subfamili Caimaninae. Aligator masih berkerabat dekat dengan kelompok hewan buaya (famili Crocodylidae).

Baca juga: Kegerahan Nagita Slavina Pakai Kipas Tangan Rp1,9 Juta, Netizen: Anginnya Sedingin AC atau Es? 

Nama aligator diambil dari bahasa Spanyol. Sekelompok warga Spanyol yang pertama kali menjelajah daerah berawa-rawa yang luas di Semenanjung Florida menjumpai hewan yang mereka sebut el laganto yang berarti "sang kadal".

Sekelompok Prancis yang ketika itu menduduki daerah hilir Sungai Mississippi turut menjumpai hewan-hewan yang sama dan mereka juga menyebutnya Allagetra yang berarti "kadal rawa".

Baca juga: Kura-Kura Kuning Langka Ditemukan di India 

Kedua kata tersebut akhirnya diserap ke dalam bahasa Inggris oleh koloni Inggris yang juga berada di sana menjadi Alligator.

Perbedaan aligator dengan buaya (crocodile) terlihat jelas dari bagian mulut dan gigi. Mulut aligator terlihat lebih lebar dan bibir tampak rapi menutupi gigi.

Sedangkan buaya mempunyai mulut agak memanjang dan membentuk huruf V, dan banyak terlihat gigi yang keluar dari bibir, walaupun dalam keadaan mulut tertutup. Khususnya gigi keempat bagian bawah. Demikian dikutip dari Wikipedia.

Baca juga: Dua Spesies Baru Mamalia Glider Ditemukan di Australia 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini