Elon Musk 4 Kali Tes Covid-19 dalam Sehari, Hasilnya 2 Negatif dan 2 Positif

Hantoro, Jurnalis · Sabtu 14 November 2020 10:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 14 16 2309429 elon-musk-4-kali-tes-covid-19-dalam-sehari-hasilnya-2-negatif-dan-2-positif-MI859SRiAK.jpg Elon Musk. (Foto: Business Insider)

CEO Spacex Elon Musk mengumumkan bahwa ia telah menerima hasil beragam dari tes terbaru untuk virus korona (covid-19). Dari empat kali tes, Musk mengaku mendapat dua hasil negatif dan dua hasil positif.

"Diuji untuk covid empat kali hari ini. Dua tes hasilnya negatif, dua hasilnya positif. Mesin yang sama, tes yang sama, perawat yang sama. Tes antigen cepat dari BD," ungkap Elon Musk melalui akun Twitter-nya @elonmusk yang diunggah larut malam kemarin, sebagaimana dikutip dari Space.com, Sabtu (14/11/2020).

Baca juga: Elon Musk Sebut Starship Meluncur ke Mars pada 2024 

Dalam tweet-nya, Musk juga menulis bahwa hasilnya mengindikasikan "sesuatu yang palsu". Sebab ia menilai tidak ada tes diagnostik, terutama tes cepat, yang sempurna. Setiap metode pengujian untuk setiap infeksi akan menghasilkan sejumlah deteksi positif palsu dan negatif palsu: sejumlah tes positif bila tidak ada infeksi dan hasil negatif bila ada infeksi.

Untuk tes spesifik yang digunakan Musk, positif palsu lebih mungkin terjadi ketika tingkat infeksi covid-19 rendah dan negatif palsu lebih mungkin terjadi ketika tingkat penyakit tinggi, menurut materi tentang tes yang diterbitkan oleh Food and Drug Administration. Dokumen itu juga mencatat bahwa tes tersebut kurang dapat diandalkan dalam mendeteksi infeksi ketika sampel diambil lebih dari lima hari setelah sakit.

Baca juga: Setelah 2 Tahun Starman Capai Titik Terdekat dengan Mars 

Dalam tweet terpisah, Musk menulis bahwa dia telah mengalami pilek ringan, batuk, demam ringan beberapa hari terakhir, dan tidak ada gejala selain flu biasa, jadi tidak jelas seberapa jauh infeksi dia akan terjadi ketika sampel yang diuji dikumpulkan. Secara umum, orang mulai menunjukkan gejala sekira lima hari setelah terpapar dan menular selama satu atau dua hari sebelum menunjukkan gejala.

Musk juga menulis bahwa dia turut mendapatkan tes diagnostik PCR tetapi belum menerima hasil tersebut. Meskipun uji reaksi berantai polimerase biasanya lebih akurat, uji ini masih akan menghasilkan negatif palsu dan lebih jarang positif palsu.

Pengujian adalah alat kesehatan masyarakat, bukan sertifikat keselamatan pribadi; Hasilnya sangat penting dalam membantu pejabat memahami status wabah lokal. Tetapi respons individu terhadap tes negatif bervariasi.

Baca juga: Misi Crew-1 SpaceX dan NASA Siap Diluncurkan Akhir Pekan Ini 

"Jika seseorang tidak pernah terpapar covid-19 dan tidak mengalami gejala, tidak perlu karantina jika hasil tes negatif," menurut para ahli di Sekolah Kesehatan Masyarakat Universitas Johns Hopkins.

"Jika ada gejala tetapi seseorang memiliki tes covid-19 negatif, orang itu harus tetap mengikuti rekomendasi isolasi di rumah."

Rekomendasi isolasi saat ini menyerukan untuk tinggal di rumah selama 10 hari tanpa kontak dengan dunia luar, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit.

Baca juga: Roket Starship SpaceX Akan Bantu Bersihkan Sampah Luar Angkasa 

Sementara SpaceX tidak menanggapi pertanyaan tentang lokasi Elon Musk saat ini. Pasalnya, ini bisa berdampak pada langkah-langkah keamanan yang ada, serta potensi peluncuran astronaut Crew-1 pada akhir pekan ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini