Beberapa Cara Hemat Kuota Data saat Meeting Zoom

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Minggu 15 November 2020 10:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 15 16 2309832 beberapa-cara-hemat-kuota-data-saat-meeting-zoom-gkMmM57Px5.jpg (Foto: The Atlanta Voice)

Zoom menjadi aplikasi yang populer saat ini di tengah pandemi Covid-19. Perusahaan melihat pertumbuhan pengguna yang cukup tinggi, karena lebih banyak orang melakukan pertemuan secara virtual, agar terhindar dari penularan virus corona.

Layanan Zoom memungkinkan Anda untuk menggunakan kuota data internet. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan bila ingin menghemat kuota data saat memakai Zoom, seperti dikutip laman Cornell.

Matikan Video HD

Cobalah cek apakah Anda telah mengaktifkan resolusi HD, jika iya, matikan resolusi HD. Pasalnya resolusi HD memerlukan lebih banyak data.

Cara untuk mematikan HD pada aplikasi yakni bukalah pengaturan dan klik video pada menu sebelah kiri. Kemudian pada bagian video saya, hapus centang disebelah aktifkan HD (jika dicentang).

Matikan Kamera

Mematikan kamera adalah langkah yang tepat untung mengurangi jumlah data. Anda bisa mencoba hal tersebut ketika tidak ada rapat yang begitu penting.

 

Matikan Audio

Meskipun tidak menggunakan bandwidth sebanyak video Anda, Anda juga dapat mengurangi bandwidth dengan mematikan audio saat Anda tidak berbicara. Gunakan tombol bungkam/mute di sudut kiri bawah layar Zoom untuk mengaktifkan dan menonaktifkan audio Anda.

Anda mungkin juga mempertimbangkan untuk menggunakan panggilan telepon untuk menghubungkan ke Zoom rapat audio daripada menggunakan audio komputer dalam rapat.

 Zoom menjadi aplikasi yang populer saat ini di tengah pandemi Covid-19.

Baca juga: Mengapa saat Supermoon Bulan Tampak Membesar?

Hindari Aplikasi Lain

Tingkatkan keseluruhan kinerja Zoom Anda dengan tidak menjalankan aplikasi lain selama rapat yang mungkin juga menggunakan sebagian besar bandwidth Anda. Contoh program intensif data mungkin termasuk streaming video.

Berbagi Layar Ketika Dibutuhkan

Pastikan untuk berhenti berbagi layar ketika Anda tidak perlu lagi menampilkan layar Anda. Juga, minta agar pengguna lain mematikan berbagi layar mereka ketika mereka selesai/

Untuk detail tentang menghidupkan dan mematikan berbagi layar, lihat Bagikan Layar Anda di situs website Zoom.

Selain itu Anda juga dapat menggunakan dokumen kolaboratif online dibandingkan berbagi layar. Pilihlah layanan tertentu, seperti Box Notes, Office Online Documents, dan Google Apps memungkinkan banyak orang membuka dan mengedit file sekaligus.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini