Berjarak 93 Juta Mil dari Bumi, Berapa Suhu Inti Matahari?

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Minggu 15 November 2020 17:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 15 16 2309905 berjarak-93-juta-mil-dari-bumi-berapa-suhu-inti-matahari-iAeL9AH8f8.jpg (Foto: The New York Times)

Cahaya matahari bisa membantu tanaman untuk melakukan fotosintesis, menerangi Bumi serta manfaat lainnya untuk kesehatan tubuh manusia. Pernahkah Anda berpikir berapa suhu matahari?

Dikutip dari Live Science, suhu matahari berbeda-beda, tergantung lapisannya. Suhu terpanas berada di intinya, suhu terendah terdapat di lapisan terluarnya.

Di bagian inti matahari, gravitasi menyebabkan tekanan yang intens dan membuat suhu melonjak hingga 15 juta derajat celcius. Hal ini menghasilkan fusi nuklir yang bertanggungjawab pada energi matahari.

Energi itu kemudian memancar keluar di zona radiasi dalam matahari, yang tidak memiliki panas dan menyebabkan fusi. Di zona tersebut, suhu berkurang drastis menjadi 7 juta hingga dua juta derajat celcius.

 Cahaya matahari bisa membantu tanaman untuk melakukan fotosintesis, menerangi Bumi serta manfaat lainnya untuk kesehatan tubuh manusia.

Baca juga: Mengapa saat Supermoon Bulan Tampak Membesar?

Lapisan berikutnya adalah photosphere, di sinilah tempat terbentuknya cahaya matahari yang sampai ke bumi. Bintik matahari di lapisan ini terlihat gelap dibanding sekitarnya. Di pusat bintik matahari suhunya 4.000 derajat celcius.

Matahari dikenal sebagai objek terbesar di tata surya. Jaraknya dari Bumi mencapai sekira 93 juta mil. Cahaya matahari hanya butuh 8 menit untuk mencapai permukaan bumi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini