Pengguna Keluhkan 6 Masalah di PS5, Transfer Data hingga Unduh Game

Anjasman Situmorang, Jurnalis · Senin 16 November 2020 10:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 16 16 2310198 pengguna-keluhkan-6-masalah-di-ps5-transfer-data-hingga-unduh-game-GuRtKvoQxO.jpg PlayStation 5. (Foto: Gamerant)

KONSOL game PlayStation 5 telah resmi dirilis pada 12 November di sejumlah negara. Sebagian besar toko diklaim kehabisan stok PS5 yang menandai suksesnya peluncuran konsol terbaru dari Sony tersebut.

Namun seperti pada umumnya peluncuran produk baru, PS5 juga memiliki kekurangan yang dilaporkan oleh beberapa penggemar. Mulai masalah kecil hingga krusial yang memerlukan intervensi dari PlayStation Customer Support.

Baca juga: Bersaing Profesional, Xbox Ucapkan Selamat atas Rilis PS5 

Berikut ini beberapa masalah yang dialami para gamer setelah mencoba PS5, sebagaimana dilansir dari Gamerant, Senin (16/11/2020).

1. Transfer data melalui USB atau LAN

Masalah ini terjadi ketika pemain mencoba transfer data dari PS4 ke PS5. Beberapa pengguna melaporkan ketika mereka menggunakan port USB yang terletak di bagian belakang konsol atau LAN menyebabkan masalah pada PS5.

PS5. (Foto: Screenrant)

2. Perlu hard drive eksternal untuk memainkan game PS4

Beberapa pemain melaporkan masalah saat mentransfer data dari PS4 ke PS5 menggunakan hard drive eksternal. Selama proses transfer itu, data bisa rusak dan mengakibatkan pemain kehilangan semua data di hard drive eksternal mereka.

Baca juga: Nathalie Holscher Ikut Degdegan saat Ijab Kabul Pernikahan

3. Masalah konektivitas DualSense

Selama penyiapan awal, pemain harus menghubungkan pengontrol DualSense ke konsol PS5, memasangkannya, dan mengunduh pembaruan. Namun beberapa pemain mengalami masalah konektivitas sehingga mereka tidak dapat menyimpan pengontrol PS5 selama pembaruan dilakukan.

4. Suara dengungan keras

Ada laporan dari pengguna PS5 bahwa konsol tersebut mengeluarkan suara senandung keras. Awalnya para pengguna mengira ini hanya terjadi pada PS5 versi standar, mengingat ada drive disk di dalamnya. Namun ternyata hal serupa juga dirasakan pemain PS5 versi digital.

5. Bug antrean unduhan PS5

Beberapa pemain juga melaporkan adanya kesalahan saat melakukan unduhan digital dalam sebuah game. Sebuah pesan kesalahan akan muncul dan tidak dapat dibatalkan maupun diunduh ulang.

Baca juga: PS5 Hadir di Indonesia Awal 2021, Simak Tanggalnya 

6. Kesalahan mode istirahat

Salah satu fitur utama PS4 ketika rilis beberapa tahun lalu adalah mode istirahat yang menangguhkan permainan yang sedang dimainkan. Fitur yang sama juga dapat dilakukan di PS5. Namun beberapa pemain melaporkan kesalahan kritis yang mengakibatkan konsol PS5 crash saat mengaktifkan mode istirahat. Hal ini membutuhkan pembangunan kembali database PS5 dan mengharuskan pemain menghubungi perwakilan layanan pelanggan Sony untuk instruksi lebih lanjut.

Baca juga: PS5 Tidak Mendapat Fitur Web Browser, Ini Alasannya 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini