Foto Instagram Terhapus, Kembalikan dengan 4 Langkah Ini

Riyandy Aristyo, Jurnalis · Selasa 17 November 2020 21:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 17 16 2311183 foto-instagram-terhapus-kembalikan-dengan-4-langkah-ini-nKWdNd7iw1.jpg Ilustrasi Instagram. (Foto: Ubergizmo)

MEDIA sosial kini sudah menjadi kebutuhan penting bagi setiap pengguna gadget. Pasalnya melalui medsos tersebut pengguna bisa mencari berbagai informasi hingga bertransaksi bisnis.

Salah satu media sosial yang sangat digemari saat ini adalah Instagram. Berbagai file bisa diunggah ke platform ini. Mulai foto sampai video yang berdurasi panjang.

Baca juga: Fitur Pesan Sementara Hadir di Instagram dan Facebook Messenger 

Namun dalam penggunaannya banyak masalah sering ditemui. Misalnya tidak sengaja menghapus foto yang sudah tersimpan di dalamnya. Lalu bagaimana cara mengembalikannya?

Jangan khawatir, ternyata ada cara mudah mengembalikan foto Instagram yang terhapus. Pengguna hanya wajib memiliki akun Gmail dan tentunya akun Instagram. Berikut ini langkah.

1. Gunakan akun Gmail

Pertama adalah menyiapkan akun Gmail karena foto yang sudah terhapus nanti akan dikirim berupa folder ke dalam Gmail. Kemudian masuk/login ke aplikasi Instagram pribadi.

2. Masuk ke pengaturan

Setelah masuk ke aplikasi Instagram, klik menu profile lalu cari ikon tiga garis (opsi) yang berada di pojok kanan atas. Klik akun tersebut kemudian pilih menu setting (pengaturan) ada di paling bawah.

Nanti akan tampil sejumlah menu baru kemudian pilih menu security (keamanan) dan klik tulisan unduh data dengan ikon tanda panah ke bawah.

Baca juga: Gunakan Media Sosial Asing, Warga China Terkena Hukuman 

3. Masukkan email

Setelah itu pengguna diminta memasukkan email aktif beserta password-nya. Cek email di bagian inbox, spam, update, maupun social. Pengguna akan menemukan email masuk dari Instagram.

4. Unduh foto

Pengguna bisa langsung mengunduh file melalui ponsel maupun laptop. File berisikan format Zip, jadi wajib diekstrak terlebih dahulu. Jika belum memiliki aplikasi ekstrak Zip, bisa men-dowload di Play Store maupun App Store.

Jika dalam empat hari pengguna belum juga mengunduh file-nya, maka pengguna wajib melakukan langkah-langkah seperti sebelumnya.

Namun ada beberapa kasus tautan unduh foto tidak langsung dikirim saat itu juga. Pengiriman foto paling lambat 48 jam ketika pengguna melakukan langkah-langkah mengembalikan foto yang terhapus.

Baca juga: Baru 2 Hari, Instagram Anjing Peliharaan Joe Biden Miliki 58,9 Ribu Follower 

Ilustrasi Instagram. (Foto: Freepik)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini