Ramai di Media Sosial, Petisi Larangan Unggahan Foto Habib Rizieq Shihab

Bima Setiyadi, Jurnalis · Selasa 17 November 2020 21:19 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 17 16 2311286 ramai-di-media-sosial-petisi-larangan-unggahan-foto-habib-rizieq-shihab-8gg4zFveLQ.jpg (Foto: Wccftech)

JAKARTA - Habib Rizieq Shihab telah tiba di Indonesia sejak 10 November. Imam Besar FPI itu telah melangsungkan pernikahan putrinya, Syarifah Najwa Shihab dengan Irfan Alaydrus. Akad dan pesta pernikahan diselenggarakan Minggu, 15 November 2020.

Habib Rizieq Shihab menjadi perhatian publik baru-baru ini. Terkini, muncul petisi "Mengungkap Larangan Unggahan Foto Habib Rizieq Shihab dkk di Facebook dan Instagram" di website change.org.

Sedikitnya sudah ada 657 orang yang mendukung petisi tersebut. Petisi itu dimunculkan oleh Rizki Awal di lahan Facebook pada tujuh hari lalu. Adapun isi petisi tersebut adalah

Assalammualaikum wr wb.

Sejak Lama Pasca Aksi Besar 2 Desember 2016 yang dikenal Aksi Bela Islam 212, Instagram dan Facebook, yang merupakan Sosial Media Terbesar di Dunia, melarang pengunggahan Tulisan, Foto dan Video yang berkaitan dengan Habib Rizieq Shihab dan Front Pembela Islam.

Secara akal sehat, tentu Pelarangan Facebook dan Instagram ini, bukan tanpa dasar. Sebab Mana mungkin suatu perusahaan Global, melarang suatu unggahan kecuali Mereka diharuskan melakukan itu karena Kekuatan Otoritas yang berlaku dalam suatu kawasan.

Maka, Saya dan masyarakat di Indonesia meminta pengungkapan alasan utama siapa dan apa maksud pelarangan ini? Serta harusnya Membuka dan mencabut pelarangan yang tak berdasar dan melanggar Hak-Hak Asasi Manusia.

Habib Muhammad Rizieq bin Hussein Shihab, Lc., M.A., DPMSS. yang lebih akrab disapa Habib Rizieq (lahir di Jakarta, 24 Agustus 1965; umur 55 tahun)[1] adalah seorang tokoh Islam Indonesia yang dikenal sebagai pemimpin dan pendiri organisasi Front Pembela Islam.

Pasca Aksi Bela Islam 212 itu, Facebook dan Instagram melakukan berbagai pelarangan terkait dengan Gambar, Video dan tulisan yang terkait HRS dan FPI yang unggahannya viral di kedua akun sosial media tersebut.

Demikian keterangan terkait petisi change.org tersebut.

Baca juga: Ingin Vakum dari Media Sosial? Ingat Hal-Hal Berikut Ini Ya

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini