Mau Temukan HP Hilang di Perangkat Android, Begini Caranya!

Sazili Mustofa, Jurnalis · Rabu 18 November 2020 17:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 18 16 2311844 mau-temukan-hp-hilang-di-perangkat-android-begini-caranya-Tkdkve5RG3.jpg Handphone (HP) Android (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA - Ketergantungan masyarakat terhadap handphone (HP) saat ini sudah sangat besar. Masyarakat bisa melakukan banyak hal dalam kehidupan hanya dalam satu genggaman. Untuk itu, produsen smartphone menawarkan berbagai keunggulan untuk menarik hati konsumennya.

Namun, pengguna juga kerap lalai dalam menjaga ponsel miliknya. Kasus kehilangan HP tak sedikit yang bermunculan. Banyak faktor yang membuat hilangnya HP, karena dicuri atau tertinggal di suatu tempat.

Baca Juga:  Selama Pandemi, Penjualan Ponsel Pintar Turun 20,4% di Seluruh Dunia

Khusus perangkat Android, ada cara untuk melacak smartphone yang hilang selain melaporkan ke pihak kepolisian. Kecanggihan teknologi sangat membantu merealisasikan hal tersebut.

Baca Juga: 9 Smartphone dengan Kamera Terbaik di 2020

Berikut ini dua cara melacak HP hilang di Android dilansir dari Cnet, Rabu (18/11/2020).

Fitur Temukan Perangkat saya

Cara pertama adalah menggunakan fitur Temukan Perangkat Saya. Dengan fitur ini, pengguna smartphone bisa melacak keberadaan perangkat miliknya, menguncinya, dan menghapus data-data yang tersimpan dari jauh.

Fitur Temukan Perangkat Saya bisa diaktifkan dengan masuk ke Pengaturan, lalu ke Keamanan & Lokasi, dan pilih Temukan Perangkat Saya.

Tetapi jika perangkat yang hilang tidak memiliki opsi Keamanan & Lokasi, bisa dengan membuka Google, masuk ke opsi Keamanan, lalu pilih Temukan Perangkat Saya. Jangan lupa untuk memastikan fitur Temukan Perangkat Saya dalam keadaan aktif.

Find My Mobile

Khusus perangkat Samsung, selain menggunakan layanan dari Google, bisa juga menggunakan fitur Find My Mobile yang tersedia di perangkat asal Korea Selatan itu. Fitur ini bisa menjadi opsi cadangan yang dapat digunakan untuk melacak ponsel yang hilang

Melalui layanan di Samsung ini, pengguna bisa melakukan hal-hal seperti memaksa cadangan jarak jauh atau melihat apakah seseorang telah menukar kartu SIM yang digunakan pada perangkat. Hal ini tentu sangat berguna bila ponsel tersebut hilang karena dicuri.

Cara menggunakannya cukup mudah, masuk Pengaturan, lalu buka Biometrik dan keamanan, kemudian pastikan Find My Mobile diaktifkan. Jika masuk ke akun Samsung selama penyiapan perangkat awal, Find My Mobile seharusnya sudah diaktifkan otomatis.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini